Aisyiah Mrebet Gelar Penyuluhan Hipertensi dan Diabetes

Dosen UMP Bicara Pengobatan Hipertensi dan Diabetes

BanyumasNews.com – Dosen Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Dina Ratna Juwita MFarmKlin Apt memberikan penyuluhan tentang penyakit dan pengobatan hipertensi dan diabetes militus dalam kegiatan Iptek Bagi Masyarakat (IBM) di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Sangkanayu Mrebet, Kabupaten Purbalingga.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua PCA Mrebet, Darmiyati SPdSD serta pengurus dan anggota pimpinan cabang dan ranting Aisyiyah serta majlis tabligh, yang diikuti sebanyak 57 peserta. Kegiatan bukan sekadar diisi pemaparan materi terkait penyakit saja. Tapi juga mulai dari pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah gratis, pengajian rutin bulanan, serta penyuluhan terkait hipertensi dan diabetes militus beserta tanya jawab.

Sebanyak 3 orang mahasiswa farmasi membantu pembelajaran dan pemaparan dini terhadap peran farmasis dalam promosi kesehatan masyarakat.

Sebelum penyuluhan, pihaknya melakukan pretest terlebih dahulu. Supaya bisa menggambarkan tingkat pengetahuan peserta terkait hipertensi dan diabetes militus. Juga data hasil cek gula darah dan tekanan darah dicatat untuk data awal epidemiologi diabetes dan hipertensi peserta.

Dina juga mengatakan, penyuluhan tersebut sebagai satu upaya edukasi kepada masyarakat tentang penyakit kronis. Terutama hipertensi dan diabetes militus.

“Dengan adanya edukasi ini, diharapkan masyarakat dapat mengurangi kejadian hipertensi dan diabetes militus,” katanya Jum’at (25/1).

Dalam kesempatan tersebut, Dina memberikan banyak hal, mulai dari tanda dan gejala Diabetes Militus dan hipertensi. Lengkap dengan faktor risiko, terapi menggunakan obat maupun non obat, komplikasi, pencegahan dan cara menggunakam obat khusus insulin.

“Sebenarnya kami masih berharap ada penyuluhan terkait penyakit lain lagi. Supaya masyarakat bisa memahami lebih banyak terkait penyakit. Apalagi penyakit yang sebenarnya cukup dekat dengan kebiasan pola hidup masyarakat yang kurang dijaga,” ujarnya. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.