Hakekat Seni Budaya dan Manfaatnya Bagi Manusia, Dibahas Ambalan SMAN 1 Purwokerto

Ambalan Pandawa Srikandi Rayakan HUT Dengan Diskusi Budaya

Memperingati ulang tahunnya yang ke 35, Ambalan Pandawa Srikandi SMA Negeri 1 Purwokerto menyelenggarakan acara Youth Discussion, Sabtu (19/1/2019), di halaman sekolah setempat. Diskusi dan semiloka itu menghadirkan pembicara dari Kwarda Jawa Tengah Ahmad Istajib, Brilli Agung seorang enterpreneur yang pernah menjadi Ambalan Pandawa Srikandi SMAN 1, Darno Kartawi seorang dosen Seni Karawitan ISI Surakarta dab Nur Abdul Ilah Najih yang merupakan penggiat teater Purwokerto.

Pradana Pandawa Muhammad Alif Arrasid mengatakan, peringatan ambalan tahun ini sengaja dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya kegiatan ulang tahun diikuti oleh internal ambalan, tahun ini mengundang Pramuka diluar ambalan.

“Kami mengusung tema Guardian of Culture Purwokerto, Alhamdulillah acara berlangsung meriah, karena dibuka langsung oleh Bupati Banyumas, Kak Ir Ahmad Husein selaku Mabicab, juga dihadiri sekretaris Kwarda Jawa Tengah Kak Ahmad Istajib dan undangan lainnya, dari luar ambalan,” jelasnya.

Penampilan variasi tongkat dari Pasukan Tongkat Pramuka Ambalan Pandawa Srikandi dan pertunjukan seni ketoprak pandu dengan menampilkan Babad Banyumas yang dibawakan oleh Unit Seni Budaya Ksatria Indraprasta memeriahkan acara sebelum pelaksanaan diskusi.

Diskusi bersama tentang hakikat seni budaya dan manfaatnya bagi kehidupan manusia, menjadi puncak kegiatan. Darno Kartawi salah satu pembicara mengatakan bahwa seni sangat berpengaruh pada psikologi manusia.

“Orang yang berjiwa seni memiliki kepekaan tinggi,” tuturnya. (BNC/Cici Machiko Destria Sugita)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.