Evakuasi Sarang Lebah? BPBD Siap Membantu

Perugas BPBD Purbalingga membantu evakuasi sarang lebah di Bukateja

BanyumasNews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga siap membantu masyarakat untuk mengevakuasi sarang lebah yang ada di tempat tinggalnya. Di Tahun 2019 ini, BPBD Purbalingga sendiri telah melakukan evakuasi sarang lebah di lingkungan masyarakat sebanyak empat kali.

“Yang banyak itu di wilayah Kecamatan Purbalingga, pernah juga di Kaligondang, Bojongsari, dan Kalimanah,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Purbalingga, Muhsoni saat dihubungi, Selasa (15/1/2019).

Data pada tahun 2018, penanganan sarang lebah yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Purbalingga mencapai 43 kali. Sarang lebah yang ditanganipun tidak melihat besar kecilnya sarang lebah mapun jenis lebahnya.

“Sepanjang itu mengganggu warga dan ada permintaan untuk dimusnahkan ya kami (BPBD Kabupaten Purbalingga, Red) bantu untuk memusnahkan,” ujar Muhsoni.

Langkah yang dilakukan BPBD Kabupaten Purbalingga sendiri setelah mendapat permohonan dari masyarakat langsung melakukan pengecekan lokasi untuk persiapan evakuasi. Evakuasi sarang lebah juga dilakukan pada malam hari dengan berbagai perlengkapan yang harus disiapkan.

“Pertama kami menggunakan kapas atau tisu dibasahi dengan premium, kita tutupkan di pintu sarang, setelah pintu tertutup tisu/kapas disemprot dengan premium kurang lebih  lima menit, setelah tidak terdengar adanya dengungan di dalam sarang lebah, baru sarang kami ambil,” jelasnya.

Peralatan yangdisiapkan untuk melakukan evakuasi sarang lebah sendiri meliputi tangga, jaring, premium, kapas, jaket, penutup kepala, kaos kaki, helm, head lamp, dan botol penyemprot. Jumlah personil yang diturunkan untuk melakukan evakuasi tersebut sejumlah tiga sampai empat orang.

“Bagi masyarakat di wilayah Purbalingga apabila menemui sarang lebah selagi masih kecil mohon untuk dimusnahkan, apabila menemui sarang lebah yang sudah besar bisa mengajukan permohonan kepada Kepala Pelaksana BPBD dengan tembusan Plt Bupati Purbalingga,” pesan Muhsoni. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.