Guru Dituntut Piawai Menulis

430 Guru Ikuti Pelatihan Menulis Artikel  

BanyumasNews.com – Semangat guru-guru di Purbalingga dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK untuk menulis sungguh luar biasa. Setelah pelatihan menulis artikel tahap pertama yang digelar awal September 2018 silam dan diikuti 108 peserta, kini pada tahap kedua jumlahnya membludak. Sebanyak 430 peserta mengikuti pelatihan menulis artikel yang diselenggarakan di Aula PGRI Purbalingga dan Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Purbalingga.

Untuk pelatihan tahap kedua ini, dilaksanakan sejak Jumat (11/1/2019) hingga Minggu (13/1/2019), terbagi ke dalam tiga kelas. Yakni kelas A atau kelas lanjutan, dikhususkan bagi yang sudah pernah mengikuti pelatihan tahap pertama. Sedangkan kelas B dan C bagi pemula.

Ketua PGRI Purbalingga, Sarjono, S.Pd, M.Si menyambut baik kegiatan ini. “Ini sungguh luar biasa. Semangat para guru di Purbalingga untuk menulis artikel di media massa, patut diapresiasi. Dengan pelatihan ini, semoga motivasi guru untuk cepat naik pangkat, segera terwujud. Dan salah satu prasyarat untuk naik pangkat, memang guru dituntut  piawai menulis atau mengembangkan kemampuan intelektualnya,” ujar Sarjono ketika membuka kegiatan itu.

Sarjono juga menekankan, guru dituntut profesional saat mengajar di dalam kelas, dan piawai mengembangkan kemampuannya di bidang kepenulisan.

“Gunakan tunjangan sertifikasi untuk hal-hal positif, seperti pelatihan seperti ini. Sering-seringlah mengikuti pelatihan, seminar, workshop dan sejenisnya, agar kemampuan intelektual guru terasah. Dan sudah tidak ada jamannya lagi, guru gagap teknologi atau gaptek,”   ujar Sarjono.

Sementara itu para pemateri didatangkan dari Semarang. Mereka adalah pemateri atau wartawan yang sudah berpengalaman di bidang kepenulisan. Yakni Widiyartono yang membawakan materi trik berhubungan dengan pers, dan materi lainnya teknik menulis artikel. Kemudian, Aulia A Muhammad  membawakan dua materi yakni Esai dan Sihir Diksi,  dan Ide dan Kreativitas.

Dari pembicara lokal, tampil Joko Sumarno, pengawas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga. Joko Sumarno yang juga aktif menulis di berbagai media massa ini, menyampaikan materi Angka Kredit Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). (BNC/PI-2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.