Ini Rekayasa Lalu Lintas Seputar Underpass Sudirman Purwokerto

BanyumasNews.com  – Masyarakat pengguna jalan raya di kota Purwokerto boleh berlega hati. Kemacetan yang biasa terjadi di perlintasan sebidang kereta api di selatan stasiun Purwokerto akan bisa dihindarkan menyusul berfungsinya underpass Sudirman. Mulai Senin pagi (14/1/2019) pukul 08.00 wib,  underpass Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto itu mulai diujicoba.

Seperti apa rekayasa lalu lintas di sekitar underpass tersebut? Ini yang perlu diketahui.

Menurut Plt Kabid Prasarana Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas, R Hermawan,  saat ujicoba berlangsung, pintu perlintasan sebidang di Jalan Jenderal Soedirman akan ditutup. Penutupan pintu perlintasan akan dipertegas dengan pemasangan barrier melintang di dekat pintu perlintasan.

Ujicoba underpass akan dilaksanakan sampai dengan seminggu sebelum dilakukan peresmian, yang hingga saat ini tanggal peresmian masih terus berubah, tambahnya.

Beberapa rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan antara lain berupa pemasangan water barrier di jalan akses keluar underpass sebelah barat, sebagai median jalan.

”Akses keluar dan masuk underpass yang menggunakan bundaran, sementara penanda bundaran juga menggunakan water barrier,” kata dia.

Sementara itu, arus lalu lintas dari Stasiun KA Purwokerto, yang sebelumnya dilarang menuju ke arah selatan, saat ini justru dibolehkan.

Dishub pun sudah memasang beberapa rambu lalu lintas, berupa rambu verboden di jalan yang menuju ke arah stasiun.

”Jalan Pemuda masih kita pertahankan untuk dua arah untuk akses ke stasiun. Sementara dari stasiun mau ke arah Ajibarang, wajib memutar di bundaran,” katanya.

Selain itu,  Dishub juga memasang rambu larangan berhenti di sekitar bundaran sebelah timur, yang selama menjadi tempat mangkal ojek online. “Posisi yang berdekatan dengan bundaran berpotensi mengganggu kelancaran arus lalu lintas”, tambahnya.

Dengan berfungsinya underpass Sudirman akan mengurangi kemacetan yang terkadang sampai traffick light depan Kodim Banyumas di sebelah timur rel kereta api dan hingga ke Pasar Pon di sisi barat. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.