Alhamdulillah, Mal Pelayanan Publik Banyumas Soft Launching Hari Ini

Sekda Banyumas Soft Launching Mal Pelayanan Publik (MPP) 

BanyumasNews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono M.Si melakukan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP), Jumat (28/12/2018), di Mal Pelayanan Publik Banyumas yang berlokasi di Jalan Dr. Angka, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. MPP ini akan menjadi tempat pelayanan terpadu dengan 102 jenis layanan.

Wahyu mengatakan sebenarnya Grand Opening akan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), namun karena masih berhalangan Menteri akan hadir pada Selasa (8/1/2019).

“Sambil menunggu Grand Opening oleh Menteri PAN RB, saat ini saya mendapat tugas dari Bapak Bupati untuk melakukan soft opening, sambil mempersiapkan segala sesuatu yang dirasa masih kurang,” katanya.

Wahyu berharap dengan dilakukannya soft opening mal ini, semua pengurusan dokumen dapat dilakukan di satu tempat. Tidak ada lagi masyarakat yang meminta pelayanan perizinan diping-pong sana sini, semua harus dapat diselesaikan di sini.

“Untuk itu kami meminta kepada dinas terkait termasuk dinas vertikal, agar menempatkan personilnya yang kompeten dan diberi kepercayaan untuk mengambil keputusan,” lanjutnya.

Wahyu menambahkan mal ini merupakan etalasenya Pemkab Banyumas, maka semua pegawai yang ada di sini harus ramah, cepat memberi pelayanan. Tidak sekedar cepat tetapi tetap harus ramah, cepat dan terukur. Mal pelayanan publik ini dijadikan proyek percontohan mal pelayanan terpadu oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai percontohan.

“Ini akan menjadi sejarah bagi Banyumas, karena warga tidak perlu ke berbagai instansi untuk mengurus satu keperluan, semuanya cukup di sini. Kita semua berharap dan mengupayakan, mengurus dokumen di pemerintahan bukan lagi sesuatu yang sulit, kami tidak mau mendengar ada masyarakat mengeluh karena kesulitan mendapat pelayanan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Perizinan Satu Pintu (DPMPPTSP) Herni Sulasti, SH MH mengatakan dalam rangka memberi pelayanan yang mudah murah dan aman, Pemerintah Kabupaten Banyumas memberi kemudahan dalam memberi pelayan publik dalam satu gedung dan masyarakat tidak perlu kemana-mana dapat dilayanan di Mal ini. Hal ini selaras dengan penunjukan oleh Kementrian PAR RB.

“Ada 7 instansi vertikal, Gerai Jateng dan 10 OPD Kabupaten yang memberi pelayanan antara lain Polres Banyumas, Kamtor Imigrasi, BP3TKI Jateng, PBJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Pelayanan Pajak dan Bank Jateng. Selain itu 10 Dinas Daerah dan Gerai Jateng yang juga memberi pelayanan. Total SKPD ada 17, pelayanan perijinan pemerintah daerah sudah masuk kesini, dan semua pelayanan ada 102 jenis pelayanan,” lanjut Herni.

Herni menambahkan dengan dilakukannya soft opening ini 102 layanan mulai dilaksanakan di MPP. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.