Perpustakaan Keliling Purbalingga Layani Masyarakat Hingga ke Desa

Layanan Pusling Purbalingga

BanyumasNews.com  –Layanan Perpustakaan Keliling (Pusling) yang rutin dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Purbalingga berhasil melampaui target yang ditetapkan. Dari target 430 kali pusling, Dinarpus Kabupaten Purbalingga telah merealisasikan lebih dari itu dan merata hampir ke seluruh wilayah Purbalingga.

“Hal ini sesuai dengan petunjuk dimana pusling ini ditargetkan sampai ke desa-desa yang masuk dalam kategori zona merah dan yang berada di perbatasan,” kata Kasi Layanan dan Pengembangan Minat Baca Dinarpus Kabupaten Purbalingga, Solihan, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/12/2018).

Pusling ini pun kini telah menambah layanannya ke Rumah Tahanan (Rutan) Purbalingga yang dilakukan setiap hari Senin. Juga setiap hari Minggu, Pusling membuka layanan di GOR Goentoer Darjono dan Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari.

“Kita juga menerima apabila ada undangan dari sekolah-sekolah maupun Pondok Pesantren (Ponpes) yang mengundang layanan pusling, tapi untuk layanan seperti ini di luar dari yang kita agendakan, jadi melebihi target,” ujar Solihan.

Tujuan adanya layanan pusling sendiri, Solihan menjelaskan, guna meningkatkan minat baca dari anak-anak. Selain itu, layanan pusling ini tidak hanya sekadar layanan buku bacaan saja melainkan juga memberikan pembinaan ke lokasi yang dikunjungi layanan pusling dari Dinarpus Purbalingga.

“Jadi kita meningkatkan yang pertama sampai ke taraf hidup jadi bukan cuma membaca tapi nantinya masyarakat bisa mengaplikasikan dari membaca itu dalam kehidupannya,” jelasnya.

 Setiap kali layanan pusling, Dinarpus Kabupaten Purbalingga menurunkan tiga armada dengan satu hari pusling di tersebar pada tiga titik. Namun, hal inipun dilihat dari jarak tempuh dan medan yang harus dilewati layanan pusling.

“Seperti contohnya di Danasari atau Sirau, kita untuk mencapai lokasi memakan waktu yang lama, nah ini kita paling hanya menurunkan satu atau dua armada saja,” imbuh Solihan.

Ia berharap dengan adanya layanan pusling ini minat baca masyarakat semakin meningkat. Dan dengan dasar membaca berbagai literasi, masyarakat dapat mengimplikasikan apa yang dibaca dan menaikan taraf hidupnya menjadi lebih baik.

“Dengan pusling ini kita siap memberikan pembinaan ke lokasi-lokasi yang kita kunjungi dan tahun depan kita targetkan layanan pusling bisa lebih meningkat lagi dari tahun ini,” tegasnya. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.