Gemar Makan Ikan Bikin Anak Cerdas

Bupati Banyumas Achmad Husein ajak anak-anak gemar makan ikan

BanyumasNews.com – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengharapkan masyarakat gemar memakan ikan, karena kandungan daging ikan mengandung gizi dan protein yang dibutuhkan tubuh. Ikan baik ikan laut maupun ikan tawar gizinya sangat bagus karena dalam daging tersebut juga kandungan omega cukup tinggi.

“Menu makanan yang terbuat dari ikan sangat dibutuhkan bagi kebutuhan hidup manusia, karena di dalamnya mengandung berbagai unsur vitamin dan protein,” kata Bupati saat saresehan Selasa (11/12/2018) di Grumbul Menggala, Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok.

Bupati menambahkan kandungan omega sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak. Bagi perempuan yang mengandung jabang bayi sangat baik makan makanan terbuat dari ikan segar.

“Kandungan ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehata,” jelasnya.

Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya, antara lain omega tiga, untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan pengelihatan bayi dan juga bisa mencegah stunting.

“Orang orang Jepang itu pandai karena mereka suka makan ikan, termasuk Pak Habibie juga mempunyai kebiasaan makan ikan sejak kecil,” tambahnya.

Kepala Dinas Perikanan Ir Sugiyatno. MM mengatakan masyarakat Banyumas baru mengonsumsi 13.7 kg per kapita pertahun, dari target 36 kg per kapita pertahun. Baru 40 % masyarakat Banyumas menkonsumsi Ikan. Demikian halnya kebiasaan minum susu, juga belum menjadi kebiasaan masyarakat, karena produksi susu yang berasal Banyumas justru dikirim keluar daerah untuk dibuat susu kemasan.

Sugiyatno mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan upaya upaya dalam meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan, daging dan telur melalui bebagai kegiatan. Selain sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan, pihaknya juga melakukan penebaran ikan diperairan umum.

Untuk penebaran ikan di perairan umum, tambah Sugiyatno dari dana APBD mencapai 500 ribu bibit ikan yang ditebar diperairan umum di Banyumas. Sedangkan dalam jumlah yang sama diperoleh dari Propinsi dan Kementrian kelautan dan Perikanan. Hal tersebut untuk restoking dan dapat dijadikan sumber makanan bagi masyarakat setelah besar.

“Sepanjang tahun 2018 kita menebar ikan diperairan umum mencapai 1 juta”, katanya. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.