Sriyono Ketua PEPADI Banyumas Dilantik

Pelantikan Pengurus PEPADI Banyumas dan Gebyar Hari Wayang Dunia.

BanyumasNews.com – Pentas Tiga dalang Banyumas mewarnai Pelantikan Pengurus Persatuan Pedalangan Banyumas (PEPADI) Periode 2018-2023 yang bertepatan dengan Hari Wayang Dunia, yang digelar di halaman Pendopo Si Panji Banyumas, Jumat 23 November 2018 yang lalu. Hadir dalam kesempatan itu Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein beserta jajaran, Forkompinda, Dalang kondang Ki H. Manteb Sudarsono selaku Dewan Penasehat PEPADI Pusat, H. Kondang Sutrisno, SE, Ki Purbo Asmoro, S.Kar M.Hum, dan Ketua PEPADI Provinsi Jawa Tengah, KRT. Dr. Widodo Bratasejati,  S.Sn, M.Sn.

Sebelum pelantikan, ditampilkan dalang cilik yang masih duduk di kelas III SD, yakni Catur Putra Sinatria.

Setelah prosesi pelantikan berurut-turut disajikan penampilan dalang wanita Nyi Sopiah Peni Carita, dan Dalang muda berbakat Ki Bima Setya Aji. Sebagai bintang tamu juga tampil Ki Yakut Jedher dengan tokoh wayang golek Daplan dan Daplun.

Dalam sambutannya, Bupati Banyumas berpesan agar dalang-dalang anggota PEPADI tidak berpolitik. “Dalang jangan sampai masuk ke ranah politik, karena hal itu akan menurunkan grade-nya”, kata Bupati.

Selain itu, ia berpesan agar PEPADI Banyumas bekerja sama dengan Dinporabudpar untuk terus mengembangkan pedalangan Banyumas. “Dalang berhak punya jati diri. Tetapi selera pasar juga harus diperhatikan, agar laku di pasaran. Silahkan PEPADI bekerja sama dengan Dinas,” tandasnya.

Sementara itu  Ki Manteb Sudarsono lebih banyak memberikan apresiasi kepada Pemda Banyumas. “Kami mohon kepada Bapak Bupati untuk bisa membantu perkembangan dalang-dalang Banyumas melalui PEPADI. Selama ini PEPADI memang banyak dibantu oleh pemerintah, karena PEPADI memang tidak memiliki dana”, katanya.

Hal senada disampaikan juga oleh Ketua PEPADI terlantik, Sriyono, S.Pd. Ia berharap agar Bupati membantu kegiatan PEPADI Banyumas.

Ia berkata, “Kula suwun Bapak Bupati kersa nganthi PEPADI Banyumas supados sangsaya ngrembaka.” (saya minta Bapak Bupati mengantar PEPADI Banyumas agar semakin berkembang-red).

H. Kondang Sutrisno, pengusaha sukses Jakarta yang juga Ketua PEPADI Pusat, mengatakan bahwa Banyumas dan Cilacap adalah daerah potensial penghasil dalang wayang kulit.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Banyumas yang telah memfasilitasi Pelantikan Pengurus PEPADI Banyumas Periode 2018-2023 sekaligus peringatan Hari Wayang Dunia. Mudah-mudahan dengan pengurus PEPADI yang baru, pedalangan Banyumas lebih berkembang di masa mendatang,” harapnya. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.