Limbah Pustaka, Tempat Pelatihan Napi

Bapas Purwokerto Berniat Kerjasama dengan Limbah Pustaka

BanyumasNews.com – Badan Pemasyarakatan (Bapas) Purwokerto berniat untuk melakukan kerjasama dengan Limbah Pustaka, Desa Muntang, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga,  terkait pelatihan bagi para narapidana di sana. Hal ini disampaikan oleh Pegiat Limbah Pustaka Roro Hendarti, setelah evaluasi oleh Bapas Purwokerto terkait kelengkapan kerjasama dengan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Purbalingga.

“Ini sebagai tindak lanjut dari MoU dengan Rutan Purbalingga,” kata Roro Hendarti saat dihubungi, Jumat (23/11/2018).

Dari tindak lanjut MoU tersebut Bapas Purwokerto mengajak kerjasama berkaitan dengan asimilasi program pengurangan masa tahanan. Karena kerjasama tersebut membutuhkan pihak ketiga, maka Bapas Purwokerto melakukan kerjasama dengan Limbah Pustaka.

“Karena di Bapas Purwokerto ada yang namanya napi narkoba, tindak pidana korupsi yang tidak ada program remisi, jadi napi diberikan pelatihan yang bermanfaat dari pihak ketiga,” ujarnya.

Bapas Purwokerto sangat mendukung dan mengapresiasi kerjasama yang akan dilakukan dengan Limbah Pustaka. Ia mengungkapkan baru ada satu pegiat pustaka yang menjajaki kerjasama dengan Rutan yakni Limbah Pustaka.

“Baru ada satu yang seperti ini dan bisa dijadikan pilot project, sehingga nantinya Rutan Purbalingga bisa menjadi percontohan,” jelas Roro Hendarti.

Setelah mendapat dukungan penuh dari Bapas Purwokerto, Limbah Pustaka akan terus melakukan pelatihan sesuai yang dibutuhkan Rutan Purbalingga. Ia juga menyediakan buku bacaan yang diperlukan dan akan membantu pengelolaan perpustakaan di Rutan Purbalingga.

“Sabtu ini (24/11) ada pelatihan membuat donat kentang bagi warga binaan putri dan hidroponik bagi warga binaan putra,” terangnya.

Roro Hendarti berharap kerjasama yang dilakukan dengan Rutan Purbalingga dan Bapas Purwokerto nantinya dapat berjalan dengan baik. Selain itu kerjasama ini dapat didukung oleh semua pihak sehingga Limbah Pustaka dapat memberikan yang terbaik dan bermanfaat.

“Pastinya kerjasama bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses serta mendapat dukungan dari semua pihak,” harapnya. (BnC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.