Pramuli Banyumas Lakukan Pemeliharaan Hutan Mangrove

Pramuli Banyumas Lakukan Pemeliharaan Hutan Mangrove

BanyumasNews.com –¬†Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas melakukan aksi peduli lingkungan dengan melakukan pemeliharaan dan bersih hutan mangrove dan senyari bumi, Selasa (13/11/2018) di Desa Kedungbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Aksi ini menurunkan Satu peleton Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB) Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas.

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Heriana Ady Chandra mengatakan anggota Pramuli melakukan aksi atas undangan PMI Kabupaten Cilacap. Tim melakukan pembersihan gulma, plastik dan sampah yang menyangkut di pohon bakau

“Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB dan diakhiri pada pukul 12.00 WIB. Pembersihan dilakukan agar pohon mangrove dapat tumbuh dengan baik. Selain itu kebersamaan dan kekompakan Relawan lintas Kabupaten dapat terjalin dengan baik,” katanya.

Menurut Ady, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengurangan Resiko Bencana ancaman Gelombang Pasang dan Tsunami. Kegiatan Aksi sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2018 lalu, namun karena adanya bencana di Sulawesi Tengah, maka kegiatan diundur pada bulan Nopember, dikarenakan Pramuka Peduli fokus pada kegiatan Penggalangan Dana Bumbung Kemanusiaan maupun aksi turun ke jalan.

“Meskipun upaya yang dilakukan hanya 2 jam namun upaya kecil ini akan berlanjut dan dilaksanakan kembali pada Pertengahan Bulan Desember mendatang,” tambahnya.

Selain Pramuli Banyumas yang tergabung aksi adalah PMI Kabupaten Cilacap, Tagana Kabupaten Banyumas dan Cilacap, IGHOPALA IAIIG Cilacap serta SIBAT Desa Kedungbenda Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.