Kwarran Sumpiuh Gelar Pesta Siaga

Kwarran Sumpiuh Gelar Pesta Siaga

BanyumasNews.com –¬†Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Sumpiuh, Banyumas, menggelar Pesta Siaga Rabu (14/11/2018) di SMP Purnama Sumpiuh. Kegiatan mengusung tema “Pramuka Siaga yang sehat, cerdas, dan berkarakter.” Kegiatan dibuka oleh Bunda Siaga Sumpiuh, Yuniarti Abdul Kudus, ditandai dengan pelepasan balon oleh pembina upacara.

Ketua Kwarran Siti Nur Khasanah mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antara sesama pramuka siaga, memupuk rasa kesatuan dan persatuan, serta membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, dan disiplin.

“Selain itu juga sebagai arena galang prestasi dan evaluasi dari kegiatan pendidikan dan pelatihan selama ini, khususnya untuk kakak kakak pembina,” katanya.

Sementara itu ketua Panitia Catur mengatakan pesta siaga sebagai muara prestasi siaga, namun yang lebih penting mendidik generasi penerus yang berkarakter.

“Kegiatan ini diikuti 40 pangkalan SD/MI se Kwartir Ranting Sumpiuh, dengan jumlah 80 barung terdiri dari 40 barung Putra dan 40 barung Putri,” katanya.

Para peserta terlihat riang dan gembira mengikuti kegiatan ini. Mereka satu persatu secara beregu memasuki pos/taman. Pada pos pertama yaitu pos baris berbaris, lalu taman pengamatan dan daya ingat, taman rolling ball, taman pos siaga gembira, taman kompas, taman tali/ikatan, taman tanda pengenal seragam pramuka, taman ketaqwaan, dan taman yang terakhir adalah taman seni budaya.

Sambil menunggu pengumuman peserta pesta siaga dihibur oleh group kentongan SMP Purnama Sumpiuh dan pertunjukan sulap Kak Yudi dari anggota tim pelatih Kwarcab Banyumas.

Diakir lomba ditetapkan sebagai pemenang untuk regu putra, juara 1 SDN Lebeng, juara 2 SDN Kuntili, juara 3 SDN 1 Sumpiuh, juara harapan 1 MI Al Islam Bogangin, harapan 2 SDN 2 Kradenan dan juara harapan 3 SDN Karangaren.

Sedangkan regu putri sebagai juara 1 SDN 3 Selanegara, juara 2 SDN Lebeng, juara 3 SDN Nusadadi, juara harapan 1 SDN Pagedangan, harapan 2 SDN 2 Kuntili dan juara harapan 3 MI Mafatihul Islam Nusadadap.

“Untuk juara 1 berhak mewakili Kwarran Sumpiuh mengikuti pesta siaga tingkat cabang,” jelas Catur. (BNC/Intan Julia Cahyani)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.