Tempo Doeloe: PIL POEDJI Obat Otak No. 28

PIL POEDJI Obat Otak No. 28

Membaca iklan obat ini, obat otak, persepsi saya adalah obat untuk sakit kepala. Namun bisa dipersepsikan pula obat darah tinggi atau rendah atau untuk penyakit lainnya. Iklan ini tidak simpel seperti iklan-iklan sekarang, iklan ini nyaris seperti artikel atau kabar berita, atau semacam advertorial.

Tidak dketahui persis tahun berapa pembuatan iklan ini. Berdasar gaya bahasanya yang jadul dan menggelitik, diperkirakan iklan obat ini dibuat tahun 1930an atau 1940an. Simak saja tulisan iklan ini:

PIL POEDJI
Obat Otak No 28.

Penjakit kepala ada banjak matjem. Ada jang lekas baik tapi ada poela jang heibat.

Paling latjoer kaloe ketempelan penjakit kepala jang bersarang dibatok kepala sampe lama sekali, terkadang berboelan-boelan.
Bagimana sengsara badan, dan bagimana bolehnja mendjadikan kapiran sebab segala pekerdjaan kena tergoda itoe kitaorang semoea soedah sama taoe.

Jang kita bilang sengsara jaitoe kepala brasa poesing, berat, panas, mata djadi merah, goerem (raboen); dalem koeping seperti ada berboenji.
Lain dari itoe, ati koerang sabaran, banjak rewel; pikiran bingoeng, ati kesel, moeka poetjet, tida poenja napsoe makan, boeang aer tida betoel. Itoe semuanja terdjadi lantaran darah terlaloe banjak naik di kepala atawa kekoerangan darah di kepala. Apa akal????.

Perloeken sedia PIL POEDJI didalem koffer atawa di dalem lemari. Atas mandjoernja ini obat kepala dokter Japan Kotani tanggoeng! Ini dokter ada pegang djabatan pada Hospital besar dari Gouvernement Japan di kota Osaka.

(Iman Nurtahjo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.