Terdapat 72 Kasus HIV-AIDS di Purbalingga Hingga Oktober 2018

Sampai Oktober 2018, di Purbalingga Terdapat 72 Kasus HIV-AIDS

BanyumasNews.com – Sampai Oktober 2018 di Kabupaten Purbalingga sudah terdapat 72 kasus HIV-AIDS. Sedangkan tahun 2017 ada 93 kasus dan 2016 ada 66 kasus. Hal tersebut berdasarkan data 2016-2018 yang berasal dari data temuan klinik VCT di RSUD Goeteng Tarunadibrata, ditambah data konsolidasi yang diperoleh dari hasil monitoring di Puskesmas dan bidan desa.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Purbalingga, Heny Ruslanto, saat melakukan sosialisasi  penanggulangan dan pencegahan HIV-AIDS di masyarakat.  Tujuan sosialis sebagai upaya memberikan kesadaran tentang penyebaran kasus HIV-AIDS serta berusaha menghilangkan stigma yang salah di masyarakat tentang ODHA.

“Total Kasus HIV-AIDS di Purbalingga sejak tahun 2010-2018 sebanyak 356 kasus”, katanya.

Peserta sosialisasi berjumlah 90 orang berasal dari Forkompimcam, pemuda, aparat desa, puskesmas, bidan desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Sosialisasi berlangsung di aula kecamatan Karangjambu, Rabu (7/11/2018).

Heny menambahkan, dalam kegiatan sosialisasi ada 2 pemateri pertama Emmy Subagyo dari RSUD Goeteng Taroenadobrata dengan tema penularan dan pencegahan HIV-AIDS dan pemulasaran jenazah orang dengan HIV-AIDS. Pembicara kedua Supriyatno dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga terkait kebijakan pemerintah daerah kabupaten Purbalingga dalam pelaksanaan penanggulangan dan pencegahan HIV-AIDS. (BNC/PI-2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.