Bupati dan DPRD Brebes Putuskan Pembentukan CDOB Kabupaten Brebes Selatan

Para penggiat pemekaran Brebes Selatan sujud syukur setelah Bupati dan DPRD Brebes memutuskan pembentukan CDOB Brebes Selatan (ist)

BanyumasNews.com – Melalui rapat paripurna antara Bupati dan DPRD Kabupaten Brebes yang digelar Senin (5/11/2018) pagi, telah melahirkan Keputusan Bersama antara Bupati dan DPRD Brebes tentang Pembentukan Calon Daerah Otonomi Baru Kabupaten Brebes Selatan. Keputusan bersama tersebut menjadi tonggak penting perjuangan pemekaran Brebes Selatan yang meliputi enam kecamatan, yakni Tonjong,  Sirampog,  Bumiayu,  Paguyangan,  Bantarkawung dan Salem.

Ketua Presidium Pemekaran Brebes Selatan,  Drh H. Agus Sutrisno, MSi kepada BanyumasNews.com mengatakan, keputusan ini merupakan tahapan yang paling mendasar dan krusial karena telah menetapkan 8 keputusan sebagai syarat administrasi seperti yang diamanatkan oleh aturan perundangan UU 23/ 2014.

“Selanjutnya keputusan ini akan dikirim kepada Gubernur dan DPRD Jateng untuk dimintakan rekomendasi yang berikutnya akan dikirim ke Pusat”, kata Agus Sutrisno, yang dalam Pileg 2019 maju sebagai calon legislatif dari Partai Golkar untuk DPRD Brebes.

Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB)  Bresel (Brebes Selatan), menurut Agus, merupakan salah satu usulan CDOB yang sudah masuk di Pusat (prolegnas – red).

Penggiat pemekaran yang hadir di Gedung DPRD Brebes menyaksikan rapat paripurna, bersuka cita usai lahir keputusan bersama Bupati dan DPRD (ist) 

Sementara itu,  Imron Rosadi. MM, warga Adisana Bumiayu yang sejak awal tahun 2000an ikut terlibat dalam aktivitas perjuangan  pemekaran mengatakan, pembentukan CDOB Bresel merupakan impian yang telah lama didambakan masyarakat Bumiayu dan sekitarnya.

“DOB Bresel akan mendekatkan dan mempercepat semua jenis pelayanan kepada masyarakat. Dan sudah pasti lebih murah karena tak lagi harus ke Brebes yang cukup jauh, bahkan harus melewati 2 daerah lain yakni Kabupaten Tegal dan Kota Tegal”, kata Imron melalui saluran WA kepada BanyumasNews.com.

Menurutnya,  DOB juga akan menndorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat, hal ini karena adanya efisiensi dari sisi pelayanan perijinan usaha yang makin dekat dan tentunya adanya pembangunan infrastrukrur nantinya yang akan memacu pertumbuhan.

“Kesabaran masyarakat Bumiayu dan sekitarnya, akhirnya mendapatkan dukungan dari Pemkab Brebes setelah melalui perjuangan yang panjang”, pungkasnya. (BNC/puh)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.