Anggota Baru Saka Bakti Husada Banyumas Dilantik

Saka Bakti Husada Banyumas Lantik Anggota Baru

BanyumasNews.com – Saka Bakti Husada Kwarcab Banyumas menggelar pelantikan anggota angkatan 19 Minggu (28/10/2018) di Sanggar Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Pelantikan dipimpin oleh Pimpinan Satuan Karya Bakti Husada Nurhadi Kurniawan.

Nurhadi mengatakan Saka Bakti Husada adalah satuan karya Pramuka yang dibentuk dengan tujuan melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan.

“Saka Bakti Husada merupakan wadah pendidikan dan pembinaan bagi pramuka penegak dan pandega dalam bidang kesehatan. Dengan telah dilantiknya kalian menjadi Anggota Saka Bakti Husada semoga dapat menjadi bekal untuk mengabdi pada masyarakat sehingga tercapai kemampuan hidup sehat bagi setiap warga,” katanya.

Saka Bakti Husada yang dilantik

Sementara itu Pamong saka Tri Lastani mengatakan pelantikan diikuti 35 anggota baru dari berbagai pangkalan di Kwarcab Banyumas. Sebelum pelantikan mereka telah mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan di pangkalan masing-masing dan juga Puskesmas sebagai Pangkalan Saka Bakti Husada Kwartir Ranting. Kemudian dilanjutkan perkemahan selama dua hari Sabtu-Minggu (27-28/10) di Hutan Pakijen Grumbul Kalipagu Desa Ketenger Kecamatan Baturraden.

“Mereka wajib mengikuti perkemahan yang diawali dengan Long March dari lapangan Ketenger sampai lokasi kemah di hutan Pakijen. Pada waktu pemberangkatan longmarc dalam kondisi hujan tetapi mereka tetap semangat,” katanya.

Sampai di lokasi mereka langsung mendirikan tenda, dilanjutkan Ishoma kemudian penyampaian materi hingga pukul 11 malam. Meski diguyur hujan semalam mereka tetap harus bangun pukul 05.00 untuk sholat subuh dan aktifitas pagi.

“Mereka memasak sendiri untuk makan pagi, ini adalah untuk kemandirian dan membangun kebersamaan,” tambah Tri Lastani.

Usai makan pagi mereka berbagi cerita tentang Saka Bakti Husada dan kegiatan kemah diakhiri dengan kegiatan operasi semut untuk membersihkan lokasi. Untuk acara pelantikan tidak dilakukan di lokasi perkemahan tetapi di Sanggarnya di Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. (BNC/prs)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.