Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan

Dindik Banyumas Gelar Sosialisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan

BanyumasNews.com – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas menggelar sosialisasi pentingnya pendidikan 1000 hari pertama kehidupan kepada Camat, Kepala Desa, Tim Penggerak PKK dan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 10 desa, Selasa (16/10/2018) di Rumah Makan The Garden Purwokerto. Acara tersebut terselenggara atas kerjasama antara Direktorat Pembinaan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kasi PAUD dan Pendidikan Pembinaan Keluarga pada Dinas Pendidikan Triasih Kartiowati, SH mengatakan, acara berlangsung selama 5 gelombang mulai Selasa (26/20) sampai Senin (22/10).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya yang bersinggungan di Desa untuk lebih mengenal pentingnya pendidikan 1000 hari pertama kehidupan.

“Acara bertujuan agar stake holder yang bersinggungan langsung dengan masyarakat Desa bisa mengetahui pentingnya pendidikan 1000 hari pertama kehidupan,” kata Triasih.

Sementara itu kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Purwadi Santosa mengajak kepada yang hadir agar memperhatikan pendidikan 1000 hari pertama kehidupan bagi sang anak. Purwadi meminta jangan sampai salah dalam mendidik karena masa-masa itu akan menentukan kehidupan seseorang.

Purwadi menekankan ada beberapa fase bagi anak dalam bertumbuh kembang. Saat usia 24 bulan, ada 8 fase yang tak boleh dilewatkan orang tua dalam mendidiknya anaknya.

Purwadi berpesan kepada hadirin untuk selalu memantau perkembangan anak hingga usia 6 tahun karena usia-usia tersebut merupakan usia emas bagi seseorang.

“Pendidikan 1000 hari pertama kehidupan tidak selalu tentang akademik. Hal itu juga bisa dilihat dari pengetahuan akan kesehatan. Rendahnya pengetahuan mengenai kesehatan di masyarakat bisa berakibat pada terganggunya tumbuh kembang anak. Contoh stunting sebagai akibat dari rendahnya pengetahuan tentang kesehatan khususnya pada 1000 hari pertama kehidupan,” katanya. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.