Pengurusan Administrasi Kependudukan Cukup di Kecamatan

Bupati Banyumas Launching Pengurusan Administrasi Kependudukan di Kecamatan

BanyumasNews.com  – Program 99 Hari Bupati dan Wakil Bupati Banyumas periode 2018-2023, Bupati Banyumas Achmad Husein dan Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono, salah satunya meluncurkan layanan administrasi kependudukan (adminduk) yang cukup diurus di kecamatan. Launching dilaksanakan Sabtu (06/10/2018), di Pendopo Kecamatan Sokaraja.

Menurut Achmad Husein, layanan adminduk yang cukup diurus di kecamatan untuk efisiensi baik waktu maupun biaya. Menurutnya banyak masyarakat yang saat ini waktunya terbuang untuk mengurus adminduk karena ditangani dan tersentral di Dindukcapil yang harus antri panjang.

“Sekarang, masyarakat Kecamatan Sokaraja tidak perlu jauh-jauh ke Purwokerto untuk mengurus surat-surat kependudukan melainkan cukup di kecamatan. Selain lebih dekat, untuk pengurusannya tidak ada biaya apapun alias gratis,” katanya

Dalam pelayanan adminduk, dari 27 kecamatan yang ada di Banyumas baru Kecamatan Sokaraja yang paling siap. Achmad Husein meminta agar camat yang lain untuk menyiapkan dan segera menyusul melaksanakan pelayanan serupa.

“Bukan saatnya lagi aparat minta dilayani, tetapi aparat harus melayani masyarakat,” katanya.

Camat Sokaraja, Purjito menjelaskan sejak Januari hingga awal Oktober 2018, pihaknya telah melayani adminduk sebanyak 623 lembar akta kelahiran atau sekitar 70 lembar per bulan. Kemudian permohonan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Hingga bulan ini, layanan KK mencapai 2.766 lembar atau rata-rata 307 lembar per bulan. KTP sebanyak 5.388 lembar atau 598 lembar per bulan dan KIA mencapai 5.615 lembar atau 625 lembar per bulan,” kata Purjito. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.