Bupati Banyumas Janji Rehab 999 RTLH dalam 99 Hari

99 hari pertama Bupati Banyumas akan rehab 999 rumah

BanyumasNews.com – Guna  percepatan program 99 hari kerja pertama Bupati dan Wakil Bupati Banyumas periode 2018-2023, Bupati Banyumas Achmad Husein dan Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono
mecanangkan percepatan pembangunan 999 rumah tidak layak huni (RTLH) Sabtu (06/10/2018) di Grumbul Karanggondang, Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok.

Pada kesempatan itu bupati dan wakil bupati menyempatkan diri mengunjungi penduduk yang rumahnya sedang direhab.

“Tahun ini kita akan merehab sebanyak 999 RTLH di wilayah Kabupaten Banyumas. Pencanangannya lakukan di Desa Sambirata hari ini,” kata Achmad Husein.

Menurut Bupati jumlah RTLH di Kabupaten Banyumas masih cukup banyak. Untuk menyelesaikannya, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Selain dari sumber APBD dan APBN, ada pula bantuan dari BAZNAS, CSR, BUMD, dan hasil bergotong-royong masyarakat.

Sementara itu Kepala Desa Sambirata Tarwan mengatakan RTLH yang sedang dan akan dibenahi ada sebanyak 32 unit. Dari jumlah tersebut, 17 unit dibiayai dari sumber APBD kabupaten, 3 unit (APBD provinsi), 7 unit (APB Desa), 5 unit (CSR) Bank Jateng.

“Mohon ijin Bapak karena ada tradisi Jawa yang melarang membangun rumah di bulan Sura, untuk 7 rumah akan dilanjutkan sambil menunggu hitungan dari pemilik rumah,” katanya.

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kabupaten Banyumas, Ariono Poerwanto BP MT, menjelaskan jumlah RTLH di Kabupatan Banyumas saat ini ada sekitar 80 ribu unit.

“Kemampuan untuk APBD selama ini setiap tahunnya sekitar 2400 rumah yang dibantu dana stimulan,” katanya. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.