Pramuka SD 3 Pasinggangan Kelola Sampah

Kegiatan pemilahan sampah Pramuka SD Pasinggangan

BanyumasNews.com – Mulai Tahun Pelajaran 2018/2019 pangakal SD Negeri 3 Pasinggangan UPK Banyumas rutin melaksanakan kegiatan jemput, pilah, dan olah sampah. Kegiatan ini untuk mengurangi limbah khususnya plastik. Seperti kegiatan Sabtu (30/9/2018) anggota pramuka melakukan kegiatan pengolahan sampah.

Juwarni, S.Pd selaku kepala sekolah mengatakan untuk mendukung program UPK dan Kecamatan tentang jemput sampah, maka semua anggota pramuka di pangkalannya diminta mengumpulkan sampah yang akan disetorkankan setiap akhir bulan.

Sampah memang sudah menjadi salah satu masalah di Kabupaten Banyumas. Sadar akan hal tersebut, Atun Flurrianti, S.Pd salah satu pembina menggagas untuk memilah dan selanjutnya memanfaatkan sampah tersebut untuk dijadikan barang yang bermanfaat bahkan tidak menutup kemungkinan memiliki nilai jual.

Seluruh pembina pramuka juga sangat mendukung program tersebut dengan memberikan pelajaran pemanfaatn sampah melalui pembelajaran SBDP.

“Saya senang kalau disuruh mengumpulkan sampah. Kalau aku main ada sampah botol bekas atau gelas minuman aku ambil untuk dikumpulkan, ” kata Arum Cahya Kirani salah satu anggota pramuka penggalang.

Hal yang sama disampaikan Soleh Aprilianto dan M.Rafa Awaludin yang mengaku senang mengumpulkan barang bekas sehingga anggota pramuka tidak langsung membuang kemasan minuman ataupun jajan yang mereka makan.

“Semoga budaya cinta sampah bisa terus dibudayakan tidak hanya di pangkalan SD 3 Pasinggangan tetapi juga pangkalan pangkalan lain di Kabupaten Banyumas,” kata Rubi Andrini, S.Pd. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.