Ajibarang Longsor, Dua Rumah Ambruk dan Jalan Tertutup Total

BANYUMAS-Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah Jumat (22/04) siang mengakibatkan sebuah tebing setinggi 25 meter  longsor. Aibatnya dua rumah warga ambruk tertimpa longsor dan nyaris menimpa penghuninya yang sedang sakit. Sementara, jalan provinsi tertutup tanah hingga menyebabkan jalur penghubung antar kecamatan lumpuh total.

Dua rumah yang berada di bawah tebing Desa Pancurendang Kecamatan Ajibarang Banyumas ini langsung diterjang longsor di bagian belakang. tembok kamar dan dapur jebol. kartim, Seorang penghuni yang saat itu sedang sakit dan masih berada di dalam nyaris tertimpa reruntuhan tembok. Beruntung warga segera membawa keluar rumah beberapa menit sebelum tebing itu runtuh.

“ Untung saja saya dan warga langsung membopong ayah saya yang sedang sakit keluar rumah. Hanya beberapa menit kemudian, longsor menimpa rumah saya,” ujar Warim.

Selain menghancurkan rumah, longsor juga menutup semua badan jalan. Akibatnya, akses jalan alternatif dari Kecamatan Ajbarang menuju Kecamatan Purwojati dan sejumlah wilayah lainnya terputus total. Warga yang hendak menuju Kota Ajibarang dan sebaliknya, harus memutar dengan jarak yang mencapai 3 kilometer.

Kades Pancurendang,Duryat mengatakan, untuk menyingkirkan timbunan material tanah harus menggunakan alat berat. Kami sedang meminta bantuan alat tersebut. Sementara warga yang rumahnya ada di sekitar tebing agar mengungsio,” ujarnya.

Namun hingga Jumat sore belum ada upaya untuk membersihkan longsoran tersebut.material tebing yang menutup jalan ini. Untuk sementara warga hanya bisa menyingkirkan tanah untuk pejalan kaki.

Reporter banyumasnews.com (BNC) Mutia Nissa melaporkan , hingga Jumat malam, sejumlah kepala keluarga mengungsi ke lokasi yang aman, karena hujan turun deras dan dikhawatrikan terjadi longsor susulan (BNC/mut).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.