Apel Besar Hari Pramuka Tingkat Banyumas Digelar di Alun-alun Purwokerto

BanyumasNews.com – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyumas, Sabtu (29/9/2018) menggelar apel besar dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-57 Tingkat Kwarcab Banyumas di Alun-alun Purwokerto. Ketua Kwarcab Banyumas Drs Achmad Supartono, Msi, mengatakan apel besar kali ini merupakan realisasi Peringatan HUT Pramuka Tingkat Kabupaten yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2018 lalu.

”Tertundanya upacara ini diakibatkan upacara yang sama untuk tingkat propinsi baru dilaksanakan tanggal 21 September di Kabupaten Tegal, dimana Kwarcab Banyumas meraih 5 tunggul tergiat, dan mempertahankan Kwarcab Tergiat Jawa Tengah untuk yang ke 31,” jelasnya.

Menurut Partono mempertahankan presatasi selama 31 tahun adalah sebuah capaian yang fenomenal yang membuktikan kekuatan dan kualitas gerakan Pramuka di Banyumas. Selaku Ketua Kwarcab dirinya memberi apresiasi atas keluarbiasaan Pramuka Banyumas atas kesungguhan, dedikasi, loyalitas dan kebersamaan semua pihak untuk membantu, mengembangkan, mendidik dan membentuk karakter anak-anak melalui pendidikan pramuka.

Sebagai ungkapan kegembiraan sekaligus kebanggaan atas prestasi yang diraih, sebelum pelaksanaan apel besar dilaksanakan Devile Prestasi Kwarcab Banyumas.

“Devile ini diharapkan dapat membangkitkan dan terus memberi motivasi sekaligus kebanggaan para anggota pramuka” harap Partono.

Ketua Mabicab Ir. Achmad Husein dijadwalkan akan menjadi Pembina Upacara sekaligus memberikan penghargaan kepada para pembina dan pegiat pramuka di Banyumas

Pelantikan Pasukan Tunas Muda

Upacara hari pramuka tingkat Kwarcab Banyumas berbeda dengan kwarcab lainnya, karena Banyumas memiliki pasukan khusus yang bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera merah saat upacara.

Mereka adalah Pasukan Tunas Muda atau yang sering disebut PTM. Mereka berjumlah 37 pramuka yang terdiri dari 34 pramuka penegak, 1 pramuka siaga, 1 pramuka penggalang dan 1 pramuka pandega.

“Agar dapat menjalankan tugas dengan baik mereka melakukan pendidikan dan pelatihan hampir 3 minggu, dengan pelatih dari Kodim 0701 Banyumas,” tambah Partono.

Selain itu juga dikukuhkan sebagaimana petugas pacara hari Kemerdekaan RI, Pasukan Tunas Muda juga dikukuhkan.

“Pengukuhan Pasukan Tunas Muda di lakukan oleh Wakil Bupati Drs Sadewo Tri Lastiono selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Jumat sore (29/9) di Pendapa Sipanji Purwokerto,” jelas Partono. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.