Bursa Gawean Unsoed 2018 Dekatkan Lulusan dengan Dunia Kerja Era Industri 4.0

BanyumasNews.com – Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Jawa Tengah, sebagai perguruan tinggi yang tanggap terhadap perkembangan dunia industri terus berusaha memperbaiki kualitas lulusan, sehingga kesiapan dan daya saingnya semakin meningkat dalam memasuki dunia kerja maupun dunia usaha.

Menurut Dyah Susanti, SP.MP., sekretaris panitia Bursa Gaweyan UNSOED 2018, di era revolusi industri 4.0. yang ditandai berkembangnya digital economic, artificial inteligence, big data, dan robotic menyebabkan pembangunan sumber daya manusia termasuk di perguruan tinggi perlu berubah.

Pengembangan diri untuk lebih mampu membangun jejaring, teknik berkomunikasi dalam membangun opini publik secara langsung, di media masa ataupun media sosial serta pembiasaan bekerja tak hanya secara fisik dengan berbagai data yang tak terbatasi oleh ruang dan waktu sangat diperlukan dalam menghadapi era disrupsi inovasi ini.

Merespon kondisi saat ini, Alief Einstein selaku Koordinator Sistem Informasi Unsoed menerangkan bahwa job fair Bursa Gaweyan Unsoed yang secara rutin diselenggarakan UNSOED untuk menjembatani alumni dan mayarakat umum menuju dunia kerja, tahun ini menghadirkan nuansa berbeda. Pembukaan Job Fair Bursa Gaweyan UNSOED 2018 dilaksanakan Rabu (27 September 2018) pagi pukul 08,00 WIB oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsoed, Dr.Kuat Puji Prayitno, SH,MH.

Ketua panitia Bursa Gaweyan UNSOED 2018, Hari Prasetijo, ST,MT. menyampaikan selain menghadirkan empat puluhan perusahaan/lembaga yang siap melaksanakan rekutmen staf, Bursa Gaweyan UNSOED 2018 yang dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 26-27 September 2018 ini juga menghadirkan fasilitas dan media edukasi kewirausahaan yang mampu mendukung inisiasi dan pengembangan start up usaha yang mulai banyak dipilih oleh generasi muda dalam membangun masa depannya.

Bekerja sama dengan Serikat Saudagar Nusantara dan Banyumas Berdaya, Bursa Gaweyan Unsoed 2018 menyediakan enterpreneurship coaching clinic bagi lulusan maupun mahasiswa yang berminat merintis dan mengembangan start up usaha. Pengenalan dunia kerja selain dilaksanakan dalam bentuk interaksi langsung di booth-booth perusahaan dan lembaga, juga dilaksanakan dalam bentuk talkshow, presentasi company profile.

Sedangkan proses rekrutmen dilaksanakan on stop service, di mana interview, tes wawancara, tes tertulis, psikotes dilaksanakan langsung pada saat kegiatan job fair berlangsung. Peningkatan wawasan bagi pencari kerja, perintis usaha dilaksanakan dalam bentuk talkshow di hari pertama pelaksanaan job fair Bursa Gaweyan Unsoed.

Talkshow  “Strategi Sukses Berkarier di Era Global” dengan pembicara: Ir. Roni Fadhilah, HRD PT. New Hope Indonesia. Sedangkan untuk Talkshow “Seni Berbicara agar Berkuasa di Panggung”  yang disampaikan oleh pembicara M. Iqbal Fais, S.H., public speaker, presenter i-News yang juga merupakan seorang pengusaha muda pada pukul 13.00 – 15.00 WIB.

“Seluruh rangkaian kegiatan job fair Bursa Gaweyan Unsoed 2018 ini merupakan perwujudan Unsoed Berkontribusi, dengan mempersiapkan dan mengantarkan generasi muda memasuki era revolusi industri 4.0.”, kata Alief.  (BNC/ae)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.