UMP Mewisuda 1386 Sarjana Baru

1.386 Mahasiswa UMP Diwisuda

BanyumasNews.com –¬†Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), kembali menggelar upacara wisuda bagi para lulusannya. Upacara wisuda berlangsung di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Sabtu (22/9/2018). Ada sebanyak 1.386 mahasiswa yang diwisuda.

Dari jumlah wisudawan itu, kata Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, sebanyak 16 orang merupakan lulusan Program Magister (S-2), 1.252 merupakan lulusan Program Sarjana (S-1) dan 118 orang merupakan lulusan Program Diploma Tiga (D-3).

”Upacara wisuda ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab UMP kepada bangsa dan negara, dalam melaksanakan kegiatan pendidikan di tingkat perguruan tinggi,” jelas Rektor.

Secara khusus Rektor juga menyampaikan selamat pada wisudawan yang meraih prestasi terbaik. Untuk lulusan program magister, yang meraih predikat sebagai lulusan terbaik diraih Casim, mahasiswa program magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang meraih IPK 3,80 dengan predikat cumlaude.

Sedangkan untuk jenjang Sarjana (S1), yang meraih predikat lulusan terbaik terdiri dari Deni Etriyana dari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini dengan IPK 3,98, Zakia Ashif Fauziah dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,92, dan Karlina Oktaviani dari Prodi Teknik dan Sains dengan IPK 3,9.

Untuk jenjang Diploma III, yang meraih predikat lulusan terbaik terdiri dari Septi Rayahu dari Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan dengan IPK 3,94.

Dengan penyelenggaraan upacara wisuda tersebut, Rektor menyebutkan, hingga saat ini UMP telah memiliki 32.391 alumni. Jumlah tersebut berasal dari lulusan program magister sebanyak 250 orang, program sarjana 23.948 orang, Diploma III 2.958 orang, Diploma II sebanyak 1.553 orang, Akta Mengajar 1.332 orang, Program Pendidikan Profesi Apoteker 1.611 orang dan Profesi Ners sebanyak 739 orang.

“Mereka saat ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia, untuk melakukan pengabdian dibidangnya masing masing,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Rektor 1, Bidang Akademik, Dr. Anjar Nugroho, S.Ag., M.HI, UMP menyebutkan, di usianya yang mencapai 53 tahun, UMP saat ini telah berkembang menjadi Perguruan Tinggi Islam terbesar di Jawa Tengah selatan dan juga yang terbaik.

Kedepan, UMP akan terus melakukan berbagai pembenahan dan perbaikan agar komitmen menjadi UMP semakin mendunia, bisa segera dicapai. Sebagai kampus yang telah terakreditasi institusi B (Baik) yang juga memiliki peringkat klaster utama dalam bidang penelitian, ia menyebutkan, perpustakaan yang dimiliki UMP saat ini telah memiliki akreditasi A.

Selain itu, seluruh program studi di UMP juga sudah terakreditasi B, bahkan beberapa sudah terakreditasi A. ”Dalam beberapa tahun kedepan, kami berharap prodi yang saat ini masih terakreditasi B bisa ditingkatkan menjadi akreditasi A. Demikian juga akreditasi B untuk institusi UMP, tahun depan ditargetkan bisa mendapat akreditasi A,” katanya.

Wakil Rektor juga menyebutkan, UMP juga saat ini sudah memiliki Program Magister (S2) untuk berbagai program studi. Antara lain, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Farmasi, dan Magister Manajemen.

“Kami berharap, pada masa yang akan datang UMP bisa memiliki program doktoral atau S3. Untuk itu, kami sedang berupaya mendorong agar staf pengajar yang sudah memiliki kapasitas sebagai lektor kepala atau profesor, agar segera segera meraih gelar tersebut,” jelasnya. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.