Pemburu Larva Tewas Diserbu Ratusan Lebah

BanyumasNews.com – Nasib naas menimpa seorang pemuda asal desa Darmakradenan,  Kecamatan Ajiarang,  Kabupaten Banyumas,  Jawa Tengah. Daryo,  nama pemuda naas itu,  tewas setelah digigit (Jawa: dientup) ratusan lebah yang menyerbu dirinya saat sedang berburu larva lebah (telur bakal tawon). Ia diserang lebah mematikan.

Diwartakan oleh Woro Cennel,  youtuber asal Ajibarang,  pada Minggu sore (16/9/2018) Daryo bersama dua orang yang masih keluarganya, yakni Slamet dan Ranu, pergi ke pekarangan yang berjarak sekitar 1 km dari rumahnya. Mereka hendak mencari larva lebah,  bukan madu,  yang akan dikonsumsi sebagai lauk pauk.

Dengan menggunakan bambu panjang (gantar) mereka pun ‘menyengget’ sarang lebah jenis ngengang di pohon dengan ketinggian sekitar 10 meter. Rupanya posisi sarang lebah cukup tinggi sehingga Daryo harus memanjat pohon itu.

Alat sederhana untuk nyengget sarang lebah

Namun setelah ujung bambu mengenai sarang lebah,  ratusan lebah langsung berhamburan keluar dari sarang dan menyerang ketiga pemburu larva itu. Daryo yang berada di pohon mendapat serangan paling banyak,  sementara Slamet dan Ranu yang berada di bawah tidak sebanyak serangan lebah yang menimpa Daryo.

Daryo sempat dibawa ke rumah sakit untuk menerima pengobatan,  namun racun lebah sudah merasuk ke seluruh tubuh sehingga jiwanya tidak tertolong. Ia meninggal dunia Senin siang (17/9/2018). Sedangkan dua pemburu lain selamat.

Saksi mata Simeng

Simeng,  warga setempat, mengatakan jenis lebah yang menyerang adalah jenis ngengang. “Mereka mencari larva bukan merupakan kegiatan utama sehari-hari,  tapi sambilan saja untuk dibuat lauk”, kata Simeng dikutip Woro Cennel.

Sementara itu Kepala Desa Darmakradenan Harjono meminta warganya untuk waspada dalam mencari larva atau madu. Ia meminta warga menggunakan peralatan atau pelindung yang memadai. (BNC/ist/wc)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.