12 BUMDes Studi Banding Pengelolaan Sampah ke BUMDes Galuhtimur

BanyumasNews.com – Sebanyak 54 peserta perwakilan dari 12 BUMDes dan Penggerak PKK dari 12 Desa di wilayah Brebes Selatan melakukan studi banding pengelolaan bank sampah ke BUMDes Maju Berkah desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Acara berlangsung pada Selasa (18/9/2018) siang. Peserta studi banding terdiri dari direksi BUMDes, Pengawas BUMDes, dan 2 anggota PKK masing-masing desa dari 12 desa tersebut.

Mereka berasal dari tiga kecamatan, yakni dari Kecamatan Tonjong hadir perwakilan dari desa Kutamendala, Karangjongkeng, Pepedan, Tonjong, Linggapura, dan Kalijurang. Dari Kecamatan Sirampog berasal dari desa Benda, Kaliloka, dan Sridadi. Sedangkan dari Kecamatan Bumiayu berasal dari desa Bumiayu, Adisana dan Kalilangkap.

Studi banding itu merupakan prakarsa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes, dengan tujuan melihat dari dekat pengelolaan sampah oleh Bank Sampah Cahaya Galuh, salah satu unit usaha BUMDes Maju Berkah Galuhtimur yang sudah berjalan sekitar 6 bulan. Kepada peserta studi banding, Nasor selaku Direktur BUMDes Maju Berkah memaparkan pengelolaan Bank Sampah yang berjalan selama ini, yang dibantu oleh anggoa PKK Galuhtimur. Ikut membantu menjelaskan koordinator Bank Sampah, yakni Ali Wilujeng dan Sukirman.

Sementara penjelasan teknis cara kerja komposter diberikan oleh Siswoyo, pengawas BUMDes Maju Berkah. Komposter milik BUMDes Galuhtimur ini pernah ditinjau langsung oleh pegiat pertanian organic dari Fakultas Pertanian UGM Nasih Widya Yuwono, SP, MSi dan dipuji karena terbukti menghasilkan pupuk organic cair (POC) dan kompos yang bisa dimanfaatkan untuk pemuliaan tanah agar kembali subur.

Pengurus Bank Sampah Cahaya Galuh memperlihatkan POC hasil pengelolaan sampah organik

Usai penjelasan yang lebih merupakan bimbingan teknis itu, yang berlangsung di Aula Balai Desa Galuhtimur, para peserta selanjutnya diajak meninjau langsung tempat pengelolaan sampah organic yang berada di samping kantor BUMDes Galuhtimur. Dalam peninjauan tersebut, dilakukan test penghantaran listrik atas POC yang dihasilkan komposter milik Bank Sampah Cahaya Galuh.

Hadir dalam acara itu Ir.Meinarni, Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dinpermades Kabupaten Brebes, Bambang Setiyawan, SP, M.Si Kasi Penguatan Jaringan Penanggulangan Kemiskinan Dinpermades Kabupaten Brebes dan 3 orang staf Dinpermades.

Bambang Setiyawan dalam sambutannya mengatakan tentang pentingnya peranan bank sampah dalam membersihkan lingkungan, dimana kerjasama team yang solid dibutuhkan demi terwujudnya pendirian bank sampah. “Juga pentingya peran serta masyarakat agar tujuan pendirian Bank Sampah bisa tercapai”, katanya. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.