Yayasan Pikulan Belanda Kembali Sambangi Purbalingga

DELMAN SIAGA: Sejumlah delman atau yang biasa disebut dokar yang
biasa beroperasi di Gumelem tengah menunggu penumpang. (foto Ruhito – ilustrasi).

BanyumasNews.com – Keramahan dan keindahan yang ditawarkan Kabupaten Purbalingga rupanya membawa kesan tersendiri bagi yayasan Pikulan. Yayasan pikulan sendiri merupakan generasi veteran perang dari Negara Belanda yang pernah bertugas di Purbalingga.

“Mereka sangat terkesan dengan keramahan dan keindahan Kota Purbalingga, sehingga dua tahun sekali mereka selalu ingin berkunjung ke Purbalingga,” kata Martha Sumarti selaku wakil perantara Yayasan Pikulan, Kamis (13/9/2018).

Rombongan Pikulan dari Belanda ini akan berkunjung ke daerah Purwokerto dan Purbalingga pada Jumat (14/9/2018). Rombongan Pikulan berjumlah 19 orang dengan empat orang pendamping dari Purbalingga.

Rombongan dari Belanda ini akan singgah di Pringgitan Pendopo Dipokusumo, kemudian dilanjutkan perjalanan ke beberapa tujuan. Tujuan pertama rombongan dari yayasan pikulan ini akan menyambangi SDK Bina Harapan Purbalingga dan SDK Klampok.

“Setelah itu dari Klampok kita kembali lagi ke Purbalingga untuk mengunjungi Pabrik Permen Davos,” lanjut Martha.

Selesai kunjungan dari Pabrik Permen Davos, rombongan dari yayasan pikulan akan diajak berkeliling Purbalingga menggunakan delman. Rute yang akan dilewati yakni dari alun-alun Purbalingga ke Bancar melewati Jatisaba kemudian Toyareja dan berakhir di Kedungmenjangan.

Kepala Bidang Pariwisata ada Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Prayitno mengatakan tamu dari yayasan pikulan akan disambut sebaik mungkin. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait penyambutan wisatawan Belanda ke Purbalingga.

“Wisatawan Belanda ini akan kami sambut sebaik mungkin, kami juga akan menyajikan jajanan khas Purbalingga serta barang-barang yang sekiranya banyak diminati mereka seperti batik, bulu mata palsu, sanggul dan lainnya,” jelas Prayitno. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.