Ribuan Santri Banyumas Ikuti Pawai Sambut Tahun Baru Hijriyah

BanyumasNews.com – Pemkab Banyumas bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas menggelar pawai ta’aruf menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah Senin (10/9/2018) dengan start di Alun-alun Purwokerto sebelah selatan.

Dalam pawai ta’aruf ini, para peserta mengusung berbagai atribut, seperti replika ka’bah, replika Alquran, replika masjid, gajah, umbul- umbul, dan lainnya. kostum yang dikenakan pun beragam dan semarak dengan warna. Ikut memeriahkan pawai ta’aruf ini kesenian rebana, kentongan sampai parade drumblek meramaikan suasana pawai.

Sebelum berlangsung pawai, juga melaksanakan berbagai kegiatan lain. Di antaranya, kegiatan sholawatan, doa akhir tahun, tabuh bedug tanda awal tahun baru 1440 H dan shalat Maghrib berjamaah dilanjutkan doa awal tahun di pendopo Setda Banyumas. Doa awal dan akhir tahun dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Banyumas KH Dr Khariri Sofa.

Pj Bupati Banyumas Budi Suroso, dalam acara tersebut mengajak segenap muslimin wal muslimat Kabupaten Banyumas, menjadikan momentum menyambut tahun baru 1440 hijriyah ini dimanfaatkan untuk introspeksi diri, sekaligus memantapkan tekad untuk berhijrah dari keburukan menuju kebaikan; dari hidup seenaknya menuju hidup yang teratur dan terarah, serta segala perubahan ke arah yang lebih baik dan bermanfaat

Salah satu kafilah dalam pawai sambut tahun baru Hijriyah

Sementara Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas Fatikul Ikhsan mengatakan seluruh rangkaian kegiatan ini, digelar sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT, dan sebagai sarana silaturahim sesama umat Islam di Banyumas. Menurutnya ada 93 kafilah dari berbagai lembaga yang mengikuti pawai taaruf, mereka berasal dari TPQ, MI, MTS/SMP, MA/SMA dan ormas Islam lainya.

“Setiap lembaga mengirimkan sedikitnya 30 sampai 90 santri,” katanya.

Pawai dilakukan dengan mengelilingi Kota Purwokerto peserta pertama dilepas oleh Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo di Alun-alun sebelah selatan. Mereka harus menenmouh jarak kurang lebih 2 km mulai alun-alun ketimur Jl Jenderal Sudirman-Jl Merdeka-Tugu Pembangunan-Kebarat Jl Gatot Subroto-kemudian jalan Masjid.

Begitu banyaknya kafilah, masih ada yang belum diberangkatkan tetapi kafilah pertama sudah memasuki alun-alun kembali. Usai pawai peserta disuguhi hiburan musik hardroh Elsas dari Gununglurah Kecamatan Cilongok. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.