Rute BRT Akan Diteruskan ke Bandara JBS

Bus Rapid Transit (BRT) Purwokerto – Purbalingga

BanyumasNews.com –  Penambahan jalur atau rute Bus Rapid Transit (BRT) koridor 1 Trans Jateng akan diperpanjang jika pembangunan Bandara Jenderal Soedirman selesai tahun 2019. Penambahan rute direncanakan dari Bukateja ke Bandara melewati jalan raya Desa Tidu yang telah dilebarkan.

Penambahan rute tersebut diharapkan dapat mempermudah jalur transportasi dari Purwokerto ke Bandara dan sebaliknya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Purbalingga, Imam Wahyudi saat melakukan sidak jalur BRT, Jum’at (7/9/2018). Imam mengatakan optimis akhir 2018 pembangunan Bandara Jenderal Soedirman sebagai bandara komersiil akan dimulai, scedul dari PT Angkasa Oura akhir tahun 2019 harus selesai. Bandara tersebut nantinya mampu melayani pesawat ATR-72.

“Bulan kemarin kita bersama PT Angkasa Pura telah melakukan beberapa rangkain uji pengukuran, seperti pengukuran kekerasan tanah, pengukuran arah angin dan kecepatannya, kemudian kelayakan pendaratan. Kemudian untuk pengukuran arah landing dan take off searah atau dua arah, dan di bandara Jenderal Soedirman bisa dilakukan dua arah,” ujarnya.

Terbangunnya bandara menurut Imam akan berdampak pada peningkatan perekonomian bukan hanya di Purbalingga namun kabupaten-kabupaten tetangga, terutama yang paling signifikan Purwokerto.  Hal tersebut berdasarkan hasil kajian tim lembaga antarikasa dan penerbangan ITB dengan locusnya Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang sebagian selatan Tegal.

“Minggu depan Pemkab Purbalingga diundang oleh PT Angkasa Pura, guna membahas kelanjutan pembangunan Bandara Jenderal Soedirman. Finalisasi Rencana Induk Pembangunan (RIP) dengan master palan sudah, dan insyaallah Bulan September sudah clear penetapan dari Menteri Perhubungan,” ujarnya.(BNC/PI-2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.