Dua Jurnal UMP Raih Akreditasi SINTA

BanyumasNews.com – Jurnal Agritech Fakultas Pertanian dan jurnal Islamadina Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) untuk pertama kalinya mendapatkan akreditasi versi Science and Technology Index (SINTA) dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Hal itu sesuai dengan keluarnya hasil Akreditasi Berkala Ilmiah Periode I Tahun 2018 dan telah diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 21/E/KPT/2018 yang serahkan ditetapkan pada tanggal 09 Juli 2018.

Ketua Lembaga Publikasi dan Penerbitan Ilmiah (LPIP) UMP Dr. Sriyanto M.Pd., menyampaikan jurnal Agritech merupakan media komunikasi dan informasi ilmiah bidang pertanian dalam arti luas.
“Jurnal ini berisi hasil penelitian dan informasi lain yang bersifat inovatif-produktif. Jurnal Agritech diterbitkan setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Saat ini Agritech telah terindeks di SINTA peringkat 4 (S4),” katanya di Purwokerto (3/9/2018).

Sementara itu Jurnal Islamadina adalah jurnal yang diterbitkan FAI UMP pada tahun 2002. “Jurnal ini mempublikasikan karya akademik dengan memfokuskan kajian pemikiran Islam terkait sosial, budaya, politik dan ekonomi yang progresif dan mencerahkan,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan tulisan jurnal dapat berupa hasil pemikiran reflektif dan penelitian. “Islamadina terbit 2 kali dalam setahun pada bulan Maret dan Juni. Mulai tahun 2018 Islamadina terbit pada bulan Maret dan September. Saat ini Islamadina telah terindeks di SINTA peringkat 5 (S5),” katanya.

Beberapa jurnal yang lain juga sudah kami persiapkan untuk meraih akreditasi. Wakil Rektor I Bidang Akademik UMP Dr. Anjar Nugroho, M.HI., mengungkapkan suatu kebanggaan bagi UMP atas pencapaiannya meraih jurnal terakreditasi SINTA.

“Saat ini UMP tengah bersiap meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Untuk itu saya berharap dengan terakreditasinya jurnal ini merupakan bagian dari peningkatan kualitas prodi serta memicu semangat para dosen untuk terus rutin membuat publikasi jurnal,” katanya.

Dia mengatakan bahwa sekarang, Perpustakaan UMP telah terakreditasi peringkat A, Program Studi (Prodi) Akuntansi terakreditasi A, Prodi Pendidikan Geografi terakreditasi A, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi A, Manajemen S1 terakreditasi A, dan secara keseluruhan semua prodi di UMP yang berperingkat B gemuk sedang giat mempersiapkan diri untuk terakreditasi A pula.

Ia mengatakan dalam bidang akademik, UMP sekarang memiliki 386 dosen, lima orang di antaranya profesor, 46 doktor/PhD, dan 311 magister.

“Perlu dikemukakan bahwa pembinaan SDM (Sumber Daya Manusia) Akademik para dosen senantiasa ditingkatkan. UMP saat ini sedang menugaskan 84 dosen atau 21,76 persen untuk studi lanjut,” katanya.

Dari 84 dosen tersebut, kata dia, 72 orang di antaranya studi lanjut S3 dan 12 orang studi lanjut S2.
Dia mengatakan 12 dosen yang studi lanjut S2 merupakan para kader lulusan S1 UMP yang diangkat sebagai dosen muda. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.