Dua Pramuka Kwarcab Purbalingga Raih Garuda Berprestasi

BanyumasNews.com – Dua anggota pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga berhasil menjadi juara dalam Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi ‘Eagle Scout Award’ Tingkat Jawa Tengah di Pusat Perkemahan Karanggeneng, Semarang. Mereka yakni Bagus Alnuru yang berhasil meraih Juara Harapan 1 Penggalang Putra dan Raihanah Arif Ramadhani yang berhasil menjadi Juara Harapan 2 Penggalang Putri.

“Keduanya ini merupakan siswa dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bobotsari,” kata salah satu staf Kwarcab Purbalingga, Danu Ginta saat dihubungi Kamis (30/8/2018).

Pada ajang tersebut, Kwarcab Purbalingga mengirimkan lima personil pramuka garuda. Ke lima personil tersebut berada pada tingkatan yang berbeda yang meliputi dua tingkatan siaga, dua penggalang, dan satu penegak.

“Mereka mengikuti serangkaian tes yang meliputi tes tertulis, keterampilan kepramukaan (scouting skill, Red) dan interview,” ujar Danu.

Ia menerangkan peserta yang dikirim adalah anggota pramuka garuda yang telah diseleksi sebelumnya pada tingkat Kwarcab Purbalingga. Penyeleksian dilakukan dari beberapa tingkatan dan yang menjadi juara tingkat Kwarcab Purbalingga lah yang berhak ikut serta pada Pemilihan Garuda Berprestasi.

“Dari lima anggota utusan yang dikirim Kwarcab Purbalingga, yang berhasil meraih prestasi hanya dua personil saja,” jelasnya.

Mereka nantinya dipersiapkan untuk menjadi generasi yang berani bersaing, pantang menyerah dan senantiasa mencintai sesama. Danu menuturkan Pramuka Garuda adalah anggota muda yang telah memiliki kecakapan dan tingkatan tertinggi di setiap jenjang kepramukaan.

“Karena itu, diberikan penghargaan untuk memotivasi dan mengamalkan Satya Dharma Pramuka dalam keseharian,” terang Danu.

Pramuka garuda sendiri merupakan penghargaaan pramuka tertinggi dari masing-masing tingkatan. Dari pramuka garuda inilah dipersiapkan untuk menjadi generasi muda yang produktif, memiliki daya juang tinggi dan berbudi pekerti serta dapat menjadi teladan bagi pramuka lainnya.

“Kami harapkan yang menjadi perwakilan dari Kwarcab Purbalingga ini bisa lebih rajin lagi mengikuti kegiatan di pangkalannya maupun di gugus depannya,” ujar Danu.

Para Pembina, pelatih, pengurus andalan melalui gerakan pramuka mampu mencetak tunas-tunas bangsa yang berkualitas. Mulai dari pramuka siaga, penggalang dan penegak hingga menuju titik akhir pramuka garuda harus mampu menjadi teladan bagi warga negara yang baik.

“Para anggota pramuka ini juga bisa meneruskan estafet kepemimpinan di negara Indonesia,” imbuhnya. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.