Unsoed Kirim Relawan ke Lombok

BanyumasNews.com – Menyikapi bencana alam di Lombok, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, mencanangkan Gerakan Unsoed Peduli Lombok. Kegiatan yang diawali oleh Program Pascasarjana dan Keluarga Alumni Pascasarjana (Kapas) Unsoed ini, disebutkan oleh Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P., Ph.D selaku Direktur Program Pascasarjana Unsoed, dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama sekaligus penanaman dan pengembangan karakter kecendekiawanan. 

Menurut Ketua 2 Kapas dan juga salah satu panitia Unsoed Peduli Lombok Dyah Susanti, program yang berawal dari Posko Bantuan Peduli Lombok ini kemudian berkembang menjadi Gerakan Unsoed Peduli Lombok yang menggalang bantuan  dari civitas akademika Unsoed dari berbagai fakultas dan lembaga di kampus itu.

“Penyaluran bantuan di lokasi bencana, dilaksanakan secara terpadu dengan alumni dan relawan”, kata Dyah. 

Juru bicara Unsoed Peduli Bencana Lombok, Alief Einstein mengatakan pada  Rabu (29/8/2018) pukul 10.00, satu armada bantuan telah dilepas secara simbolik oleh Rektor Unsoed, Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. di halaman gedung Program Pascasarjana Unsoed.

Rektor menyambut baik Gerakan Unsoed Peduli Lombok dan berharap agar Unsoed dapat mensosialisasikan dan mengkampanyekan Gerakan Unsoed Peduli Lombok kepada publik khususnya civitas akademika Unsoed, alumni dan masyarakat umum. Kepanitiaaan ini juga diharapkan dapat menampung, mengelola,dan menyalurkan bantuan dari civitas akademika dan alumni serta masyarakat umum untuk bencana Lombok.

Rektor menegaskan pentingnya gerakan Unsoed Peduli Lombok sebagai bagian dari tanggung jawab Tridharma perguruan tinggi dan karakter kecendikiawan.

Alumni Unsoed di Nusatenggara dan sekitarnya yang terhimpun dalam Kaunsoed Bali Nustra secara khusus akan bertindak sebagai posko penyaluran bantuan dan pos kegiatan lanjutan dari Gerakan Unsoed Peduli Lombok. 

Ketua Umum Keluarga Alumni Pascasarjana Unsoed, Dr. Hananto Prasetyo, S.H., M.H. yang  berkesempatan melepas pemberangkatan armada kedua bantuan Unsoed Peduli Lombok menyebutkan, sinergisme berbagai unsur sivitas akademika dan alumni diharapkan terus berlanjut dan berkembang, untuk meningkatkan daya dukung dan kontribusi bagi masyarakat. Kegiatan Unsoed Peduli Lombok tidak hanya bersifat sesaat, tetapi akan berlangsung berkelanjutan.

Selain menampung dan menyalurkan sumbangan sebagai bentuk tanggap bencana, akan ditindaklanjuti dengan menjalankan program yang berkelanjutan untuk trauma healing, rehabilitasi kesehatan, sosial, dan ekonomi dalam bentuk kegiatan pemberdayaan dn pengabdian masyarakat, tambah Hananto. (BnC/AE)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.