Tiga Bacaleg Purbalingga Menuai Respons Masyarakat | Ada yang Tersangkut Korupsi

Kampanye Partai Gerindra
Partai Gerindra sukses menempati posisi ketiga dalam perolehan suara Pemilu 2014. (ilustrasi)

BanyumasNews.com – Tiga bakal calon legislatif (bacaleg) untuk anggota DPRD Kabupaten Purbalinga periode 2019-2024 yang tercatat di Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 menuai tanggapan dari masyarakat. Ketiga bakal caleg tersebut berasal dari Partai PKB, Berkarya dan PAN.

“Bacaleg dari PKB dan Berkarya menuai tanggapan masyarakat karena merupakan tenaga honorer di Kabupaten Purbalingga, sedangkan bacaleg dari PAN, menuai tanggapan masyarakat karena diduga terlibat praktik korupsi,” kata Ketua KPU Purbalingga, Sri Wahyuni saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/8/2018).

Tanggapan masyarakat tersebut disampaikan oleh empat warga Purbalingga melalui media sosial maupun datang langsung ke KPU Purbalingga. Setelah mendapatkan tanggapan masyarakat tersebut, KPU Purbalingga sudah melakukan pengecekan secara langsung.

“Dan bagi partai yang bacalegnya bersangkutan paling lambat harus memberikan jawaban atau klarifikasi terakhir besok (31/8),” tegas Yuni.

Yuni melanjutkan apabila memang yang bersangkutan terbukti tidak memenuhi syarat maka KPU Purbalingga akan mengirimkan surat pada partai politik yang bersangkutan untuk segera mengajukan pengganti. Dengan adanya tanggapan masyarakat walaupun tidak banyak, hal ini menunjukkan masyarakat Purbalingga sudah mampu mengkritisi calon-calon legislatif.

“Ini berarti ya bagus ada respon yang baik dari masyarakat setidaknya masyarakat Purbalingga tidak terkesan apatis dalam menyikapi calon-calon wakil rakyat untuk lima tahun mendatang,” terang Yuni. (BnC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.