Ribuan Relawan Pekerja Pertamina Mengajar Siswa SD dan Anak Jalanan

 

GM RU IV Cilacap bersama ribuan relawan pekerja Pertamina, mengajar siswa SD dan anak jalanan

BanyumasNews.com – General Manager Pertamina Refinery Unit IV Cilacap Djoko Priyono bersama Tim Manajemen, bergabung bersama ribuan relawan pekerja Pertamina menyebarkan semangat positif bagi anak-anak Sekolah Dasar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia pada acara Pertamina Energi Negeri (PEN) III.

Selama satu hari, Senin (27/8/2018), para pekerja meluangkan waktu untuk berpartisipasi dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan sebagai wujud konkrit keterlibatan pekerja dalam kegiatan sosial.
Kegiatan PEN III untuk wilayah Kabupaten Cilacap digelar di empat Sekolah Dasar yaitu SD Negeri 3 Donan, SD Negeri 1 Gumilir, SD Negeri 2 Mertasinga dan Madrasah Ibtidaiyah Bojong Kawunganten.

Kegiatan ini diawali dengan upacara bendera dan dilanjutkan dengan sesi mengajar. Pada masing-masing sekolah, terdapat dua orang Manajemen RU IV bersama Tim Relawan PEN III Cilacap, sehingga total lebih kurang 60 orang.

Di hadapan siswa-siswi SD Negeri 3 Kelurahan Donan, GM RU IV Djoko Priyono mengajak seluruh siswa SD untuk terus rajin belajar sambil menerangkan tata nilai 6C Pertamina. Djoko Priyono menyampaikan Pertamina memiliki budaya kerja 6C yaitu Clean, Competitive, Confidents, Cutomer Focused, Commercial dan Capable yang Keenam budaya kerja ini dapat juga diterapkan dalam kehidupan sehari hari siswa siwi SD.

“Ada yang ingin jadi pekerja Pertamina?”, teriak GM Pertamina.

Anak-anak pun yang menjawab, ”Saya mau…..”.

Djoko Priyono sangat senang dengan antusiasnya para siswa sewaktu mendengarkan beliau mengajar di kelas. Demikian juga para relawan mengajar lainnya, mendapati hal yang sama. “Mereka sangat antusias dan senang sekali karena mereka bisa mendapat cerita tentang Pertamina, ini sebuah motivasi buat mereka,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pertamina RU IV turut memberikan bantuan sarana belajar di 4 sekolah, masing-masing berupa 1 unit laptop, 1 unit printer dan 1 unit infocus. General Manager RU IV memberikan bantuan secara simbolis di acara Pembukaan PEN di SDN 03 Donan, Cilacap.

GM Pertamina Cilacap memberi motivasi anak-anak SD

Lebih jauh kegiatan mengajar ini merupakan tahun ke-tiga yang dikemas melalui program Pertamina Energi Negeri (PEN), dengan melibatkan 1.435 pekerja dari Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Unit Operasi dan Anak perusahaan dari berbagai tingkat jabatan. Para relawan melakukan sesi mengajar, mendokumentasikan seluruh kegiatan yang berlangsung secara serentak di 17 lokasi, yakni di Aceh, Medan, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Prabumulih, Plaju, Jakarta, Balongan (Indramayu), Cilacap, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Tanjung, Makassar, Jayapura dan Kasim.

Adapun total sekolah yang dijangkau sebanyak 63 Sekolah Dasar yang berada di sekitar wilayah Operasi Pertamina.

Pertamina Energi Negeri merupakan kegiatan sukarela yang diinisiasi secara murni oleh pekerja-pekerja muda Pertamina yang tergabung dalam Culture Change Agent. Mereka yang terlibat dalam kegiatan meliputi relawan pengajar, dokumentasi dan fasilitator tidak hanya meluangkan waktu satu hari untuk berkegiatan sosial, namun juga secara mandiri menyiapkan rencana kegiatan mengajar, perlengkapan dan biaya yang mungkin timbul dari kegiatan tersebut. (bnc/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.