Berkat Program KRPL Warga Bisa Petik Sayuran di Teras Rumah

BanyumasNews.com – Melalui program Kementrian Pertanian berupa KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), warga kini bisa memetik sayuran di depan rumah sendiri. Teras rumah selain dihias dengan tanaman bunga,  juga dihias dengan tanaman sayuran yang bermanfaat untuk peningkatan gizi,  juga mengantisipasi kenaikan harga.

Seperti yang kini dinikmati oleh warga Dusun Nagawiru,  Desa Kalilangkap,  Kecamatan Bumiayu,  Kabupaten Brebes,  Jawa Tengah,  rumah mereka kini dilengkapi dengan deretan pobibag berisi tamanan sayur-mayur, seperti tomat,  cabe,  cesim,  terong,  dan lainnya. Abdullah Faqih,  mantan kepala desa Kalilangkap mengatakan program ini sudah berjalan sekiar enam bulan.

Tempat pendederan bibit sayuran KWT Srikandi

Menurut Mas Dul, demikian mantan lurah ini biasa dipanggil,  sejumlah 30 warga mendapatkan bantuan polibag,  tanah,  kompos,  bibit,  dan pupuk untuk membudidayakan sayuran di teras depan atau samping dan belakang rumah. Mereka tergabung dalam kelompok wanita tani Srikandi.

“Sumber dana kegiatan ini berupa program KRPL yang besarnya lima puluh juta rupiah dari pemerintah”, katanya.

Mas Dul bersama istrinya yang membina kelompok wanita tani tersebut. Kini selain berkegiatan di sawah seperti menyiangi tanaman padi,  kaum ibu di Nagawiru juga punya kesibukan menyiram dan memupuk tanaman sayuran di rumah masing-masing.  Seperti Mahmudah,  salah satu anggota KWT Srikandi,  yang memiliki petak pekarangan ukuran 8×10 dimanfaatkan untuk budidaya sayuran. “Alhamdulillah sudah bisa memetik lombok dan cesim”, katanya berbinar-binar.

Tanaman sayuran di depan rumah warga

Pemandangam di dusun Nagawiru ini memang saat ini tampak labih asri. Sepanjang gang di dusun itu tampak hijau sayuran segar yang tidak saja menyegarkan mata,  tapi juga bisa bermanfaat untuk peningjatan gizi.

Agung Widiyantoro, SH,  anggota DPR RI Dapil Brebes dan Kabupaten/Kota Tegal, mengatakan KRPL merupakan program yang bagus untuk peningkatan gizi warga. “(Itu) manfaat juga mencegah stunting bayi kerdil, melatih wirausaha dan mengatasi gejolak harga”, katanya.

Aneka sayuran di depan rumah warga di Nagawiru, Kalilangkap, Bumiayu

Di Kecamatan Bumiayu selain Desa Kalilangkap,  desa lain yang mendapat bantuan KRPL adalah desa Pruwatan. (BNC/ist)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.