Al Irsyad Purwokerto Tebar 75 Sapi dan 329 Kambing Kurban

BanyumasNews.com – Pada Idul Adha tahun 2018 ini, Al Irsyad Purwokerto,  Jawa Tengah, menebar hewan kurban dengan mengumpulkan 75 sapi dan 329 kambing, yang dibagikan ke berbagai tempat, 10 sapi diantaranya dikirim ke Lombok untuk kurban gempa.  Sebagian hewan kurban diserahkan usai sholat Idul Adha di alun-alun Purwokerto,  Rabu (22/8/2018) pagi.

Sekira pukul 06.00 WIB masyarakat Kota Purwokerto mulai datang dan memadati Alun-alun Purwokerto untuk melakukan Sholat Iedul Adha. Turut hadir PJ Bupati Banyumas Drs Budi Wiwowo M.Si, Kapolres AKBP Bambang Yudhantara Salamun S IK, Sekda Banyumas Wahyu Budi Saptono masing-masing bersama keluarga, juga para jajaran pejabat Banyumas termasuk pimpinan DPRD. Diantara massa juga terlihat Bupati terpilih Ir Achmad Husein berbaur dengan masyarakat.

Bertindak selaku imam sholat Ustad Nurhadi LC, Takmir / Imam Masjid Nurusalam PJKA Purwokerto dan khotib Imam Hidayat M.PdI kepala Kementrian Agama Kabupaten Banyumas.

Pj Bupati Budi Wibowo menyampaikan Iedul Adha menjadi istimewa karena hampir bebarengan dengan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan, untuk itu semangat Idul Qurban agar dijadikan inspirasi dan dorongan untuk intropeksi, mawas diri dan koreksi sejauh mana diri kita mampu berkorban untuk sesama dan berkorban.

Budi mengajak warga Banyumas dapat membangun, memupuk, meningkatkan semangat rela berkorban, membangun keliklasan saling berbagi dan saling mebantu dan bekerja sama untuk kesejahteraan bersama.

“Keiklasan berkorban perlu pengorbanan dan perjuangan “Jer Basuki Mawa Bea” dimana kalau ingin makmur maka memerlukan biaya, ingin pintar harus belajar, kalo ingin kaya harus ulet dan hemas, ingin sukses harus jujur, kerja keras dan kerja iklas,” katanya.

Pj Bupati juga mengajak dengan adanya Gempa lombok agar masyarakat yang mempunyai rizki untuk berbagi kepada saudara saudara yang sedang dilanda musibah.

Kemudia Pj Bupati diampingi Sekda Wahyu Budi Saptono dan Wakil Ketua DPRD Supangkat menerima secara simbolis menerima hewan qurban dari Al Irsyad dan juda PD BPR BKK Purwokerto. Pada Tahun ini Al Irsyad tebar qurban berhasil mengumpulkan 75 sapi dan 329 kambing, yang dibagikan ke berbagai tempat, 10 sapi diantaranya dikirim ke Lombok untuk kurban gempa. Sedangkan PD BPR BKK Purwokerto menyerahkan 1 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Selanjutnya kambing diserahkan kepada takmir masjid maupun mushola yang sudah ditentukan.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Banyumas Fatikhul Iksan mengatakan dari pendataan dan laporan yang dihimpun, di kota Purwokerto terdapat 184 tempat, baik lapangan maupun masjid yang digunakan sholat Iedul Adha.

“Untuk sholat Iedul Adha di Alun-alun diselenggarakan Pantia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas bersama Pemerintah Kabupaten Banyumas,” katanya. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.