Pabrik Minyak Dilem Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

BanyumasNews.com – Sebuah pabrik penyulingan minyak dilem terbakar pada Selasa (21/8/2018) malam,  mengakibatkan kerugian hingga 500 juta rupiah. Pabrik yang terbakar tersebut milik Kokim Yudo Prasongko (45 th), alamat Desa Gandatapa Rt.01/01, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah.

Informasi yang berhasil dihimpun,  kronologi kejadian kebakaran bermula sekitar jam 18.30 Wib, saat pekerja bagian penyulingan telah selesai melakukan pembakaran (penyulingan) daun dilem. Sekitar pukul 20.00 wib, setelah selesai memadamkan api bekas penyulingan, pekerja pulang ke rumah masing-masing.

Namun pada pukul 21.07 Wib, seorang warga, Tarkim, melihat ada api yang membesar di sebelah utara tungku pembakaran. Selanjutnya ia melihat dan berusaha untuk memadamkan api yang sudah mulai membesar, tapi ternyata tidak mampu padam, karena api sudah membesar.

“Selanjutnya saya menghubungi pemilik gudang/pabrik”, kata Tarkim.

Kerugian akibat kebakaran di malam takbiran jelang hari raya Idul Adha itu ditaksir mencapai 500 juta rupiah, meliputi  gudang penyulingan gagang cengkeh dan dilem, yang berukuran bangunan 10×18 berjumlah 3 bangunan. Juga 200 ton cair dan bahan dilem dan 3 unit ketel. Sementara korban jiwa nihil.

Lokasi kebakaran jauh dari pukiman warga, sementara kejadian setelah selesai jam operasional dan gudang tersebut tidak ada penjaga malam.
Menurut warga setempat, gudang tersebut sudah dua kali mengalami kebakaran.

“Penyebab kebakaran dimungkinkan dari sisa sisa penyulingan”, kata Adi Candra, komandan Tagana Banyumas, yang terlibat penanganan bersama Polsek dan Koramil, Damkar, BPBD, Satpol PP dan Pemdes Kotayasa serta masyarakat sekitar. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.