Upacara HUT RI Akan Digelar di Dalam Goa Lawa

Peringati HUT Ke-73 RI, Golaga akan Gelar Upacara Dalam Goa

BanyumasNews.com – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Kemerdekaan  Republik Indonesia (RI), pengelola wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga) akan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di dalam goa, Jum’at (17/8/2018). Upacara ini merupakan satu-satunya peringatan HUT RI di dalam goa yang artistik dan unik.

“Peringatan HUT RI di dalam goa ini untuk membangun rasa nasionalisme pengelola dan pegiat wisata di sekitar Golaga, serta sebagai ajang promosi kepada masyarakat luas,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si, Selasa (14/8/2018).

Dikatakan Prayitno, rangkaian upacara juga dilengkapi dengan pembacaan teks Pancasila, teks proklamasi, pengibaran bendera merah putih serta pembacaan amanat Gubernur Jateng. “Upacara akan dilaksanakan di salah satu ruang dalam goa yang disebut dengan Balai Pertemuan Agung. Ruangan dalam goa itu semula berupa lumpur, dan kini sudah dibersihkan serta ditata artistik dengan nuansa lampu yang apik. Ruangan itu mampu menampung 500 orang,” kata Prayitno.

Meski mampu menampung 500 orang, namun peserta upacara di dalam goa nantinya dibatasi sekitar 200 orang. Peserta upacara terdiri dari karyawan Golaga, pegiat wisata Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja yang tergabung dalam Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis), para pedagang, perangkat Pemerintah Desa Siwarak dan masyarakat sekitar goa serta tidak membatasi pengunjung yang tengah berwisata.

“Intinya, kami ingin merayakan peringatan kemerdekaan RI sembari bersyukur dengan menggelar upacara di dalam goa,” ujar Prayitno.

Sementara itu pegiat wisata dari Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Partomo mengatakan, dalam upacara itu peserta dari pegiat wisata juga ada yang mengenakan pakaian ala pejuang serta membawa bambu runcing.

“Kami warga masyarakat di sekitar Golaga sangat mendukung kegiatan yang bermuara untuk promosi wisata Golaga. Karena dengan meningkatnya kunjungan wisatawan maka perekonomian masyarakat di sekitar Golaga juga ikut terangkat,” kata Partomo. (BNC/y)

Keterangan foto : Gladi kotor upacara HUT RI di dalam Golaga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.