Ini Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan

BanyumasNews.com – ManfaatSusu Kambing Etawa Untuk Kesehatansangat baik. Berikut manfaat susu kambing etawa yang di wilayah Banyumas banyak diternak di Gumelar.

1. Bermanfaat untuk Sistem Pencernaan dan Tubuh

Susu kambing etawa menurut penelitian struktur komposisinya hampir setara dengan ASI, untuk itu susu kambing etawa merupakan salah satu susu hewani yang sangat cocok bagi sistem pencernaan manusia, bahkan untuk balita ataupun lansia sekalipun. Bagi orang dewasa yang memiliki gangguan pencernaan, ada baiknya mencoba untuk rutin mengkonsumsi susu kambing etawa.

Berbeda dengan susu sapi yang memiliki laktosa begitu tinggi, susu kambing etawa tergolong low lactosa. Para ahli telah meneliti bahwa sistem pencernaan manusia hanya membutuhkan waktu sektiar 20 menit saja untuk dapat mencerna susu kambing etawa, sedangkan dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk dapat mencerna susu sapi. Bayangkan berapa selisih waktunya, hal ini disebabkan karena susu etawa memiliki struktur yang lembut dan sangat baik bagi pencernaan.

2. Bermanfaat untuk masalah gangguan pernafasan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa susu etawa di percaya sangat baik untuk masalah gangguan pernafasan seperti TBC, ASMA, & Flek Paru Paru. Sudah banyak yang membuktikan kalau susu kambing etawa dapat dijadikan sebagai terapi pengobatan secara alami untuk TBC asma dan juga flek paru paru.

Bagi Anda yang sudah mencoba berbagai obat-obatan namun tidak kunjung merasakan perbaikan, tidak ada salahnya untuk mencoba rutin minum susu kambing etawa sebagai alternatif penyembuhan. Flourin dan Betakasein yang terkandung dalam susu kambing sangat baik untuk mengobati penyakit gangguan pernafasan.

3. Sebagai Pelengkap Asupan Nutrisi & Gizi

Sudah disinggung di atas kalau susu kambing etawa nutrisi dan gizi nya diklaim hampir setara dengan ASI (Air Susu Ibu). Susu etawa merupakan susu hewani yang memiliki asupan nutrisi serta gizi yang komplek dan sangat dibutuhkan bagi tubuh.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Susu kambing etawa dengan nutrisi dan gizi yang dimilikinya membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh / meningkatkan imun. Sehingga diharapkan dengan rutin minum susu kambing etawa tidak mudah terserang penyakit.

5. Membantu dalam proses progam Ibu hamil

Salah satu penyebab susah untuk mendapatkan kehamilan adalah kurangnya asupan gizi serta nutrisi yang cukup, baik pihak istri maupun suami. Tidak ada salahnya untuk mencoba berikhtiar dengan cara alami. Sebaiknya susu kambing etawa diminum baik oleh istri juga suami.

Meningkatkan stamina, bagi yang memiliki masalah dengan stamina / mudah capek letih dan lesu bisa mencoba dan merasakan perbedaanya, sebelum minum susu kambing etawa dan sesudahnya. Banyak yang sudah membuktikan adanya perubahan minimal badan menjadi lebih segar dan bugar.

6. Mengatasi Gangguan Insomnia

Bagi yang memiliki gangguan insomnia disarankan minum susu kambing etawa sebelum tidur.

Selain itu,  susu kambing etawa kaya akan kalsium yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

7. Bermanfaat bagi ibu hamil dan juga menyusui

Banyak yang beranggapan kalau susu etawa tidak boleh untuk ibu hamil / menyusui. Justru pemahaman tersebut keliru. Susu etawa dengan semua kandungan yang dimiliki justru sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Kalsium yang terkandung didalamnya membantu untuk pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan dan juga mensuplay bagi ibu hamil untuk terhindar dari pengeroposan tulang.

Dan paska melahirkan juga sangat diperlukan untuk memperlancar ASI. Yang perlu di perhatikan adalah susu kambing etawa minim akan asam folat. Padahal asam folat sangat dibutuhkan untuk mencegah bayi lahir cacat.

Untuk itu perlu untuk memberikan asupan asam folat melalui buah dan sayur. Untuk daftar buah dan sayur yang mengandung asam folat tinggi bisa ditanyakan ke ahli gizi / dokter kandungan.

8. Susu kambing etawa tidak menyebabkan alergi

Susu etawa sangat cocok dijadikan alternatif pengganti susu sapi bagi yang memiliki alergi laktosa dalam susu sapi.

9. Sebagai penunjang program diet

Susu kambing etawa memilki kadar lemak yang sedikit jadi tidak membuat gemuk.

10. Sebagai Antiseptik Alami

Kandungan fluorine selain bermanfaat untuk mengatasi gangguan pernafasan juga sangat bermanfaat sebagai antiseptik alami dan dapat membantu menekan pembiakkan bakteri jahat dalam tubuh.

Masih banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi susu kambing etawa. Silakan mencoba, dan kabarkan manfaat ini ke handai taulan. (BNC/berbagai sumber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.