Tim Kesenian Purbalingga Akan Tampil di Istana Negara

Tim Kesenian Purbalingga berlatih untuk tampil di Istana

BanyumasNews.com – Tim kesenian Purbalingga akan memeriahkan semarak HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Istana Negara. Tim tersebut merupakan binaan Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, yang terdiri dari orang-orang pilihan yang telah diseleksi sejak bulan Juni lalu.

“Grup kesenian ini sifatnya heterogen, mereka ada yang pelajar, ada juga yang pekerja sehingga kami harus mengatur waktu. Dan kami sampaikan kepada mereka ini adalah kesempatan yang tidak semua orang mendapatkan sehingga kami mohon untuk benar-benar serius,” kata Kepala Seksi (Kasi) Kesenian dan Nilai Tradisi pada Dindikbud Kabupaten Purbalingga, Rien Anggraeni saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/8/2018).

Tim kesenian yang akan pentas di Istana Negara ini gabungan dari beberapa grup kesenian yang meliputi 80 orang pemusik, 20 pembawa layur, 20 penari  dan satu grup kenthongan yang berjumlah 15 orang. Tim kesenian Purbalingga sendiri akan tampil dua waktu, yakni pada saat pagi hari menyambut tamu-tamu kehormatan jelang Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan pada sore hari saat upacara penurunan bendera.

“Doakan saja biar kami tampil di jam yang terakhir, karena jam terakhir itu adalah jam yang sangat ditunggu-tunggu. Karena kalau kita tampil di jam yang terakhir berarti kita termasuk yang baik artinya memang diperhitungkan,” ujar Rien.

Pada tahun sebelumnya tim kesenian Purbalingga hanya berkesempatan untuk menampilkan tarian untuk menyambut tamu-tamu kehormatan di salah satu wisma di Jakarta. Tahun ini, tim kesenian Purbalingga akan tampil bersama perwakilan dari lima provinsi lainnya yang berasal dari luar Jawa dalam bentuk kolosal.

“Dari 12 provinsi yang diseleksi hanya dipilh enam provinsi, satu diantaranya Purbalingga,” jelasnya.

Tim kesenian Purbalingga yang akan memeriahkan peringatan HUT RI ke 73 di Istana Negara telah dibimbing oleh Sudarno, yang merupakan Dosen ISI Surakarta. Sedangkan untuk koreografi penari telah dirancang oleh Susiati dan bentuk kenthongannya dibentuk oleh Iis.

“Setelah dibimbing oleh Dosen ISI Surakarta Pak Sudarno kemudian kami lanjutkan dengan latihan sendiri,” imbuh Rien.

Latihan tim kesenian kenthongan Purbalingga

Ia menjelaskan anggota tim kesenian Purbalingga adalah kumpulan dari para seniman di Kabupaten Purbalingga, yang sudah terpilih melalui seleksi, kecuali para penari yang ditunjuk langsung dari sanggar tari. Untuk memantapkan penampilannya dan memberikan yang terbaik, tim kesenian Purbalingga berlatih secara rutin di Purbalingga Kulon dekat Sanggar Bhakti Pramuka Purbalingga.

“Latihannya di Purbalingga Kulon dekat Kwarcab Purbalingga untuk waktu latihannya malam hari,” pungkasnya. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.