Kapolda Jateng Dilatih Memanah Anggota Perpani Banyumas

BanyumasNews.com – Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono ikut berlatih memanah ketika berada di Purwokerto. Dengan telaten dan hati-hati, Kapolda Jateng menarik busur panah yang disiapkan. Sementara beberapa anggota Perpani (Persatuan Panahan Indonesia) Pengurus Kabupaten Banyumas memberikan arahan dan bimbingan kepada Kapolda.

“Rileks saja pak dalam menarik tali busurnya, karena olah raga ini memerlukan ketenangan dan dalam menarik tali busur agar tangan tidak kaku,” ujar Yanto Kucir, salah satu anggota Perpani Banyumas.

Sekali, dua kali, hingga lebih dari tiga kali, anak panah yang dilesatkan Kapolda meleset tidak tepat sasaran. Namun akhirnya melalui belajar yang singkat, Kapolda berhasil membidikkan anak panah tepat di tengah titik sasaran.

Memang sebelumnya Pengurus Kabupaten Persatuan Panahan Indonesia (Pengkab Perpani) Banyumas sering berlatih di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jateng di Watumas, Purwokerto. Dengan bantuan fasilitas tersebut, para pemanah yang disiapkan ke Porprov 2018 bisa berlatih dengan maksimal.

Kapolda Jateng Irjend Condro Kirono meninjau latihan memanah di Lapangan SPN

Sementara dalam kunjungan ke SPN Selasa (7/8/2018), Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono meninjau latihan atlet Banyumas, didampingi Kepala SPN Kombes Djuwito Purnomo, Kapolres Banyumas Bambang Yudhantara Salamun, dan Ketua Umum KONI Banyumas Bambang Setiawan, serta Ketua Pengkab Perpani Agus Nur Hadi. Dalam kesempatan itu Kapolda menyempatkan memanah sasaran.

Ketua Harian Pengkab Perpani Banyumas Siis Suhasto mengatakan sangat berterima kasih kepada SPN, yang sudah memfasilitas para atlet berlatih. Tak hanya itu, pihaknya juga diberi kesempatan untuk menggelar Kejuaraan Nasional memperebutkan Piala Kapolda Jateng, Desember mendatang.

Siis menuturkan awal mula pihaknya mendapat kesempatan berlatih di institusi tersebut. Semua atlet berlatih di lapangan Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Suatu saat Kepala SPN melihat latihan tersebut, dan tertarik. Pejabat Polisi itu juga senang pada panahan dan memiliki peralatan jenis compound.

Kepala SPN melihat situasi di lapangan Beji kurang memadai untuk latihan, karena banyak anak berkegiatan, ada yang sekadar bermain-main, berlatih sepak bola dan aktivitas lain. Melihat situasi itu, Kombes Juwito Purnomo menawarkan tempat berlatih di SPN. Setelah disurvei tempatnya bagus. Atlet berlatih di SPN sejak dua pekan lalu.

Perpani menyiapkan 18 atlet, terdiri atas 13 atlet inti dan lima tim bayangan. Kini sudah tinggal tim inti. Mereka didampingi tiga pelatih. Cabang tersebut membidik tiga medali emas di Porprov 2018. Banyumas akan mengikuti semua nomor meliputi compound, recurve, nasional dan tradisional. (BNC/nan/sa)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.