53 Tahun UMP: Jalan Panjang Mencerdaskan Bangsa

BanyumasNews.com – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Sudah 53 tahun sejak berdirinya UMP pada tahun 1965, banyak hal yang telah dilewati.

“Lebih dari setengah abad pada 5 April 1965 hingga tahun 2018 ini, suka duka bersama dalam mengembangkan dan memajukan nama besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto menuju kampus kelas dunia berbasis keunggulan, modernitas dan religius,” kata Rektor UMP Dr Syamsuhadi Irsyad, dalam Rapat Kerja UMP tahun 2018 di Hotel Surya Yudha, Banjarnegara, Senin (6/8/2018) sore.

Rapat Kerja Universitas dihadiri oleh para Pimpinan Universitas, Badan Pembina Harian, Dekan, Kaprodi dan kepala Biro se Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rektor menjelaskan, sesuai Visi dan Rencana Strategi (RENSTRA) UMP 2011 – 2031, pada tahun 2011 – 2015 sudah melakukan penguatan tata kelola universitas. “Pada rapat kerja hari ini, saya berharap Renstra UMP Tahun 2015 – 2019 dapat dijalankan dengan baik yaitu menciptakan Pembelajaran Unggulan,” katanya.

Dijelaskan, indikator pembelajaran unggulan Tahun 2015 – 2019 dapat di jabarkan diantaranya, akreditasi institusi A. Akreditasi program studi sebagian besar A. Pengakuan di level nasional dan internasional. Pendirian program magister. Kurikulum berbasis Epistemologi Islam pada masing-masing program studi. Sebagian besar dosen berpendidikan S3. Sarana dan prasarana menunjang pembelajaran unggul serta Universitas menjadi pusat dakwah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

“Sesuai dengan hasil capaian pada tahun 2018 tahun ini, UMP telah memilki beberapa capaian diantaranya, telah memiliki 3 prodi yang telah terakreditasi A dan telah memiliki prestasi mahasiswa di level nasional,” ungkapnya.

Rektor Syamsuhadi Irsyad memberikan sambutan pada rapat Kerja UMP di Hotel Surya Yudha Banjarengara

Adapun capaian yang telah diperoleh UMP diantaranya, menduduki posisi ke enam dari 174 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan berada di Posisi ke 70 di tingkat nasional dari Perguruan Tinggi Negri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Program magister sudah ada 6 prodi, dan 5 dibuka tahun 2018. Penerapan e-learning di sebagian besar fakultas. Perpustakaan terakreditasi A. Berdiri 6 Research Centers dan Jumlah dosen ada sekitar 386, yang pendidikan S3 ada sekitar 12%,” paparnya.

Rektor mengungkapkan jumlah mahasiswa UMP tahun ini mencapai 4.124 yang diterima dan ada 2.302 yang Registrasi per 4 Agustus 2018. Selain itu UMP juga telah memiliki 45 kerjasama internasional, dan 30 telah jalan aktifitas bersama.

“Tujuan utama APTA 2019 adalah prioritas utama, sehingga kami minta segenap civitas akademika UMP berkonsentrasi penuh untuk bisa mewujudkannya. Kita juga harus menyiapkan langkah strategis, konkrit dan terukur dalam raker kali ini, untuk mencapai semua tujuan tahun 2019 dan mencapai target renstra 2015-2019,” katanya. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.