Ikuti Kontes Ternak Berhadiah Puluhan Juta

BanyumasNews.com – Kontes ternak berhadiah uang tunai puluhan juta rupiah akan digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Dinas Pertanian (Dinpertan) Purbalingga, dalam ajang Gelar Potensi Peternakan atau Kontes Ternak Purbalingga 2018.

Kontes ternak akan berlangsung pada 7 Agustus mendatang mulai pukul 08.00 hingga selesai yang berlokasi di Pasar Hewan Purbalingga.

“Ini diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73,” kata Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga, Ms. Maharsi Wulan saat dijumpai di Ruang Kerjanya, Senin (30/7/2018).

Selain dalam rangka HUT RI ke 73 kontes ternak ini juga dalam rangka Idul Adha. Hal ini dikarenakan pada saat kontes ternak juga akan terjadi transaksi jual beli hewan ternak terutama sapi, kambing dan domba.

“Lomba ini juga sebagai pantauan karena menjelang Idul Adha kan disana tidak hanya perlombaan saja tapi juga ada pameran hewan ternak,” kata Maharsi Wulan.

Ia menjelaskan kategori yang dilombakan yakni Sapi Peranakan Ongole (PO) Jantan dan Betina, Kambing Kejobong Jantan dan Betina, Juara Favorit Sapi Simental Jantan dan Betina serta Juara Favorit Sapi Limousin Jantan dan Betina. Kriteria yang dinilai sehat dan bebas dari penyakit hewan menular, tidak cacat fisik, bebas cacat alat reproduksi, ambing normal dan tidak menunjukan gejala kemajiran.

“Terus bebas dari cacat alat kelamin, kriteria lain yang dinilai juga dilihat dari umur, tinggi badan, lingkar badan, berat badan dan performa,” ujarnya.

Sapi PO yang akan dilombakan harus berbulu putih, abu-abu, kipas ekor(bulu cambuk ekor), dan bulu sekitar mata berwarna hitam. Sapi PO berbadan besar, gelambir longgar bergelantung, punuk besar dan leher pendek serta bertanduk besar.

“Kalau untuk kambing kejobong warna bulu hitam atau hitam belang putih,” imbuh Maharsi Wulan.

Selain perlombaan juga akan diadakan pameran ternak, sarasehan bidang peternakan dan bursa ternak. Sarasehan bidang peternakan sebagai ajang silaturahmi dan tukar pendapat serta menambah wawasan bagi peternak, petugas dan stake holder peternakan di Kabupaten Purbalingga.

Total hadiah yang disediakan berupa tropi dan uang pembinaan senilai Rp 20 Juta serta beragam doorprize menarik. Peserta yang akan mengikuti kontes ternak bisa langsung datang dan mendaftar ke Sekretariat Gelar Potensi Ternak.

“Sekretariatnya di sini (Dinas Pertanian, Red) atau bisa menghubungi Telp. (0281) 891011, Agus Winarto di 081334159978 atau 081327015890 atas nama Hernowo Singgih,” ujarnya. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.