Bank Sampah BUMDes Galuhtimur Dipuji Dosen Pertanian UGM

BanyumasNews.com – Keberadaan Bank Sampah Cahaya Galuh milik BUMDes Maju Berkah Desa Galuhtimur,  Kecamatan Tonjong,  Kabupaten Brebes,  Jawa Tengah, mendapat pujian dari dosen Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Gajah Mada (UGM) Nasih Widya Yuwono.

Dosen ilmu tanah yang saat ini getol mendorong pertanian organik itu datang ke kantor BUMDes Galutimur yang salah satu bidang usahanya adalah bank sampah. Ia tertarik datang usai diceritakan adanya BUMDes yang sudah bisa menghasilkan POC dan kompos saat para pengelola bank sampah BUMDes ikut pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa KKN UGM di Pliken Kembaran Banyumas, dimana ia menjadi pemateri.

Nasih meninjau komposter pengolahan sampah organik pada Sabtu (28/7/2018) sore. Ia mengamati dengan seksama struktur komposter berkapasitas 1000 liter,  memegang-megang kompos yang sudah jadi,  dan melihat lindi / pupuk organik cair (POC) yang dihasilkan komposter aerob itu.

“Ini sudah bagus. Sudah benar prosesnya. Kompos dan lindi yang dihasilkan pun sangat pekat”, kata Nasih.

Ia datang ke BUMDes Maju Berkah ditemani pengawas BUMDes Siswoyo dan Puad Hasan, dan ditemui oleh Direktur BUMDes Nasor dan Sekretaris Budi, serta koordinator bank sampah Wilujeng dan Sukirman. Hadir pula tokoh masyarakat Galuhtimur Muhaimin.

Nasih pun banyak memberikan ilmunya kepada pengelola bank sampah yang baru berjalan sekitar 4 bulan itu tentang pemanfaatan pupuk organik yang dihasilkan bank sampah BUMDes. “Mulailah dengan melakukan penanaman tanaman sayuran atau apa pun dengan media kompos dan pemupukan dengan POC yang dihasilkan. Nanti masyarakat akan melihat hasilnya dan akan tertarik menggunakan organik. Ajak partisipan dari kalangan petani sendiri agar hasilnya obyektif”, kata Nasih.

Dengan melakukan dan melihat sendiri hasilnya maka petani akan mau mengaplikasikan dengan sendirinya pemakaian pupuk organik, tambahnya.  (BNC/ist)

Nasor (kiri) Direktur BUMDes dan Siswoyo (kanan) pengawas BUMDes memperlihakan lindi hasil proses komposter. Sebelah kanan (kotak putih)  adalah torn penampungan sampah organik

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.