Mahasiswa KKN UGM Berikan Pelatihan Pembuatan POC

BanyumasNews.com – Mahasiswa UGM yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Pliken,  Kembaran, Banyumas,  Jawa Tengah,  mengadakan pelatihan cara membuat kompos dan pupuk organik cair (POC) kepada gabungan kelompok tani (gapoktan) desa Pliken.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Pliken pada Sabtu (28/7/2018) siang itu diikuti oleh anggota kelompok tani dan peserta tamu dari pengelola Bank Sampah BUMDes Maju Berkah desa Galuhtimur,  Kecamatan Tonjong,  Kabupaten Brebes.

Pelatihan menghadirkan dosen Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UGM,  Nasih Widya Yuwono,  SP,  MSi.

Dalam pemaparannya Nasih mengatakan, kita bisa melakukan seperti lagunya Koesplus “tongkat kayu batu jadi tanaman” dengan mengembalikan kondisi tanah kita melalui pengolahan sampah menjadi pupuk dan kompos. Presentasi dilanjutkan dengan prakik membuat alat komposter sederhana yang bisa dibuat dalam skala rumah tangga.

Fitri Lusiana,  ketua kelompok mahasiswa KKN UGM,  mengatakan kegiatan pelatihan ini diadakan mengingat pengelolaan sampah di desa Pliken belum teraplikasikan. Selain pengelohan sampah rumah tangga menjadi kompos dan POC, yang perlu mendapatkan perhatian adalah penanganan limbah tempe di desa Pliken.

“Dalam sehari informasi yang kami dapat,  perajin tempe di desa Pliken menghabiskan 20 ton kedelai. Tentu limbahnya juga sangat banyak. Inilah yang harus dipikirkan agar limbah produksi tempe bisa dimanfaatkan dan tidak terbuang percuma”, kata Lusi.

Usai pelatihan tim mahasiswa UGM bersama Nasih Widya Yuwono meninjau perajin tempe dan melihat pembuangan limbah yang terjadi selama ini. “Saya bawa sampel cairan limbah cucian kedelai untuk diteliti”, kata Nasih, pakar ilmu tanah yang saat ini getol menganjurkan pertanian organik. (BNC/ist)

Mahasiswa KKN UGM desa Pliken berfoto bersama peserta pelatihan dari BUMDes Maju Berkah Galuhtimur Tonjong Brebes

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.