Jamaah Calon Haji Banyumas Ikuti Manasik Massal

BanyumasNews.com – Menjelang keberangkatan calon jemaah haji tahun 2018 ke tanah suci, sebanyak 1112 calon jemaah haji asal Kabupaten Banyumas, melakukan bimbingan manasik haji Kamis (25/7/2018) di GOR Satria Purwokerto. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas dan dipandu oleh Kementrian Agama Kabupaten Banyumas.

Sekda Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono, M.Si saat membuka acara mengatakan melalui praktek manasik haji ini, bagi para jamaah bisa mempraktekan semua pengetahuan yang telah diterima dalam bimbingan manasik haji sebelumnya, sehingga diharapkan jamaah siap dan mandiri dalam melaksanakan seluruh kegiatan ibadah haji dengan baik dan benar serta khusyuk, serta memperoleh Predikat haji mabrur sepulang dari tanah suci.

Menurut Wahyu, jama’ah calon haji telah mendapat pembekalan secara teori tentang manasik haji sesuai dengan rukun-rukunnya, persyaratan wajib, sunah maupun hal-hal yang boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji, termasuk tempat-tempat yang akan dikunjungi dan amalan apa yang harus dikerjakan pada lokasi tersebut.

“Namun demikian, mungkin masih ada diantara Bapak / ibu jamaah calon haji yang kurang jelas, dan oleh karena itulah pada hari ini dilaksanakan praktek manasik haji, anggaplah ini gladi bersih. Melalui praktek manasik inilah diharapkan bapak / ibu mendapat gambaran dan pemahaman secara jelas tentang prosesi haji dan umrah serta pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, mulai dari memakai kain ihrom, niat, thowaf, sa’i, saat wukuf di arofah, saat melempar jumroh, serta pelaksanaan wajib, dan rukun haji lainnya,” kata Wahyu.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Banyumas Fatihkul Iksan mengatakan kegiatan dilaksanakan oleh Pemkab Banyumas sebagai pelayanan kepada para Jamaah Haji. Fatikhul menambahkan, selain manasik hari ini, Pemkab memfasilitasi jamaah calon haji, untuk melakukan pamitan dan silaturahin dengan Bupati dan Forkompinda pada Kamis (31/7/2018) di Pendopo Sipanji.

Fatikhul menambahkan, manasik haji ini para jemaah sudah dikelompokkan sesuai kloter, regu dan rombongan seperti pada saat pelaksanaan haji nantinya. Dari1112 Calon haji tersebut akan diberangkatkan dengan 5 kloter yakni kloter 89 sebanyak 19 jamaah, kloter 90 sebanyak 354 jamaah, kolter 91 sebanyak 355 jamaah, kloter 92 sebanyak 334 jamah dan 93 sebanyak 93 jamaah.

“Jemaah Haji asal Kabupaten Banyumas, Kloter 89 dijadwalkan berangkat menuju embarkasi Adi Sumarmo Solo pada jam 00 12 Agustus bergabung Purbalingga, Kloter 90 dilepas Minggu 12 Agutus dari Halaman Pendopo Sipanji” tambah Fatihkul. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.