Dua Pemuda Pelopor Purbalingga Maju ke Tingkat Nasional Wakili Jateng

BanyumasNews.com  – Untuk pertama kali dua orang peserta Lomba Pemuda Pelopor dari Kabupaten Purbalingga berhasil mewakili Provinsi Jawa Tengah melaju ke tingkat Nasional sekaligus.  Kedua peserta tersebut masing-masing menjadi Pemuda Pelopor Terbaik I pada masing-masing bidang.

“Keduanya itu yakni Nofi Bayu Darmawan mewakili  Bidang Pendidikan dan Dona Wahyuni De Fretes mewakili Bidang Sosial, Budaya dan Pariwisata (Sosbudpar),” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Yanuar Abidin saat dihubungi, Kamis (26/7/2018).

Keduanya dinyatakan sebagai Pemuda Terbaik I pada masing-masing bidang setelah melalui proses fact finding (pencarian fakta, Red) yang sudah dilaksanakan 21 dan 23 Juli yang lalu. Berdasarkan Hasil Fact Finding Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 kedua peserta dari Purbalingga ini akan kembali berkompetensi dengan provinsi lainnya.

“Adapun berkas yang harus mereka lengkapi yaitu foto ukuran Post Card dua lembar berwarna dan ukuran 4×6 berwarna dua lembar,” jelas Yanuar.

Persyaratan tersebut harus dilengkapi oleh Pemuda Pelopor Terbaik I dari masing-masing bidang pada tanggal 8 Agustus mendatang.  Kedua pemuda ini juga akan mengikuti pembekalan yang wajib diikuti  tanggal 8 hingga 9 Agustus mendatang di Semarang.

“Acara pembekalannya nanti di The Alaska Hotel di Jalan Kyai Saleh No.4 Kota Semarang yang dimulai pukul 08.30, untuk biaya pembekalan pada tanggal tersebut (8-9/8, Red) biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh Disporapar Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Yanuar menerangkan ini merupakan prestasi yang luar biasa untuk Kabupaten Purbalingga karena ini merupakan kali pertama dua orang peserta berhasil melaju ke tingkat Provinsi. Tentunya ini akan menjadi motivasi bagi pemuda-pemuda di Kabupaten Purbalingga untuk dapat menuangkan segala ide dan aspirasinya dalam karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Mereka berdua ini memang sangat menginspirasi  dan diapresiasi oleh banyak pihak baik oleh masyarakat maupun Pemerintah Daerah setempat sebagai wujud nyata kepeloporan yang layak ditunjukan untuk mewakili daerahnya,” ungkap Yanuar.

Atas segala inovasi dan kerja kerasnya selama ini, kedua pemuda tersebut juga mendapatkan apresiasi langsung dari Plt Bupati Purbalingga, Dyah hayuning Pratiwi. Plt Bupati Tiwi menyampaikan apresiasinya kepada Nofi Bayu Darmawan juga Dona Wahyuni De Fretes atas prestasi yang telah diukirnya.

“Selamat dan apresiasi yang luar biasa untuk mereka. Ini baru pertama kali dua pemuda sekaligus maju ke nasional. Semoga sukses di tingkat nasional,” pesan Plt Bupati Tiwi. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.