Urus Ijin UMK Hanya Satu Hari

Perijinan Usaha Mikro dan Kecil Hanya Satu Hari

BanyumasNews.com – Bagi anda yang masih bingung mengenai pengurusan perijinan usaha mikro dan kecil, tidak perlu khawatir. Sekarang pengurusan perijinan usaha mikro dan kecil hanya dilakukan satu hari dan bisa ditunggu.

Hal tersebut disampaikan Camat Bojongsari, Juli Atmadi, saat mengisi materi pada acara bimbingan teknis pelaku usaha gula semut di Owabong Cottage, Bojongsari, Purbalingga baru-baru ini.

Juli mengatakan, jika pejabat yang memberikan (Camat) berada di kantor Kecamatan pada hari perijinan diurus, maka ijin usaha bisa keluar pada hari yang sama dan semuanya gratis. Dia mengimbau kepada masyarakat atau kelompok yang mempunyai usaha skala mikro dan kecil untuk segera mengurus legalisasi usahanya.

Menururnya, berbagai macam kemudahan serta fasilitas bisa didapat pelaku usaha jika mereka sudah memiliki ijin usaha yang tentu saja diakui oleh pemerintah atau dinas terkait.

“Saya mengimbau kepada pelaku usaha untuk mengurus ijin usahanya. Karena berbagai fasilitas kemudahan akan didapat jika ijin usaha sudah didapat para pelaku usaha,” kata Juli.

Juli menambahkan, berbagai manfaat seperti kepastian hukum, usaha tercatat, pendampingan dari dinas terkait, kemudahan akses serta informasi dari dinas terkait, akses modal dan informasi penjualan baik akses penjualan baik ke pihak swasta maupun pemerintah. Juli juga menuturkan, jika sebuah usaha telah memiliki ijin, maka perhatian dari pemerintah pusat berupa akses pemberdayaan juga akan didapatkan.

“Pemerintah pusat juga akan memberikan perhatian berupa pemberdayaan jika sebuah usaha telah meliki ijin,” imbuhnya.

Ijin usaha mikro dan kecil diterbitkan oleh pemerintah Kecamatan sesuai dengan Perbup. Adapun persyaratan umum jika sebuah usaha ingin mengurus ijin usaha adalah: Pengantar dari RT/RW/Desa/Kelurahan dari tempat lokasi usaha. Fotocopi KTP dan kartu Keluarga (KK), foto 4×6 2 lembar (bisa juga lebih tergantung kebutuhan), mengisi formulir yang diterbitkan oleh pemerintah Kecamatan.

“Silakan untuk datang ke Kecamatan dan bisa ditunggu jika pejabat yang member kewenangan penerbitan ijin di tempat. Satu hal yang perlu diingat adalah ijin usaha bisa dicabut jika antara permohonan ijin usaha dan praktek di lapangan tidak sesuai,” pungkasnya. (BNC/KP-4)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.