UMP Gelar International Summer Course Kosmetik dan Obat Tradisional

UMP Gelar International Summer Course

BanyumasNews.com – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) bekerjasama dengan Stikes Gombong menggelar International Summer Course 2018 (Kursus Musim Panas Internasional) selama dua minggu, dari 16 sampai 28 Juli 2018.

Kegiatan kali ini mengambil tema kosmetik dan obat-obatan tradisional Indonesia. Tema tersebut sesuai langkah UMP yang telah menetapkan pengobatan tradisional dan juga kosmetik sebagai program unggulan utama di Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Pertanian.

Kursus diikuti oleh 10 mahasiswa asing dari tujuh negara, yaitu Turki, Italia, Korea, Thailand, Sudan, Afganistan, Jerman, Prancis.

Wakil Rektor bidang pengembangan dan kerja sama UMP Dr. Ns Jebul Suroso, S.Kp. M.Kep., menjelaskan, kegiatan International Summer Course tahun ini diinisiasi oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggandeng Stikes Muhammadiyah Gombong. Ia berharap dengan adanya kegiatan International Summer Course akademika UMP terkait Internasionalisasi di UMP semakin meningkat.

“Ini adalah wujud kerja kita di bidang kerjasama dan internasionalisasi agar kita semakin terpapar dengan dunia internasional, mengenalkan Indonesia, dan juga memberikan pengetahuan, serta pengalaman kepada mahasiswa UMP akan budaya internasional. Disini juga kita kenalkan tentang keunggulan kita, khususnya dibidang herbalife medicine, terkait dengan kosmetik,” katanya.

Lebih lanjut Jebul Suroso berharap kegiatan tersebut akan semakin meningkatkan semangat UMP menuju world class university melalui aktivitas internasional, khususnya kegiatan International Summer Course.

Person in charge (Koordinator) International Summer Course Novi Haryanti M.Pd mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional. “Tahun ini International Summer Course tahun 2018 berkolaborasi dengan STIKes Muhammadiyah Gombong,” ungkapnya.

Selama di UMP, lanjutnya, peserta program ini selain mendapatkan materi, juga akan mengunjungi beberapa tempat, salah satunya tempat pembuatan jamu tradisional dan melakukan praktek pembuatan jamu secara langsung.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama dua minggu, dan tidak hanya dilaksanakan di Kota Purwokerto, tetapi juga di Kabupaten Purbalingga, Gombong, Jogjakarta, dan kembali lagi di Purwokerto,” katanya.

Peserta International Course UMP

Tujuan dari kegiatan ini untuk memperkenalkan kearifan lokal Banyumas tentang tumbuhan herbal yang dapat diolah menjadi bahan kosmetik herbal yang lebih minim resiko.

“Kita juga melibatkan mahasiswa UMP dan mahasiswa Gombong, dan harapannya kegiatan ini nanti bisa berjalan dengan lancar dan kearifan lokal dari Banyumas dapat lebih dikenal oleh mahasiswa Internasional, dan agar dapat menjadi alternatif resmi pengobatan herbal yang bisa dimanfaatkan oleh mereka,” pungkasnya. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.