Edy Rahmayadi Diminta Lepas Jabatan Ketua PSSI

BanyumasNews.com – Sebuah petisi di change.or.id diunggah oleh Emerson Yuntho aktivis anti korupsi yang meminta Edy Rahmayadi yang baru saja terpilih sebagai Gubernur Sumatera Utara untuk memilih : Menjadi Gubernur atau Ketua PSSI.

Petisi meminta tidak ada jabatan rangkap yang diemban Edy. Lengkapnya petisi sbb:

“Pertama-tama, selamat atas terpilihnya Bapak Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Sumatera Utara. Kami juga harap Bapak Edy nggak tersandung kasus korupsi seperti dua gubernur sebelumnya.

Karena sudah jadi gubernur, kami minta Bapak Edy untuk mundur dari jabatannya sebagai Ketua PSSI. Ada 3 alasan.

Pertama, agar fokus memimpin Sumut selama lima tahun ke depan. Memimpin daerah atau organisasi nasional tentu tidak mudah. Apalagi merangkap dua jabatan pimpinan. Jangan sampai karena mengurus PSSI, daerah Sumut jadi nggak terurus. Atau sebaliknya.

Mengurus PSSI butuh keseriusan, totalitas dan fokus 100 persen. Apalagi PSSI masih punya PR seperti: pengembangan organisasi, pelaksanaan kompetisi, komitmen berantas pengaturan skor, berantas kerusuhan suporter, menggalakkan pembinaan usia muda, melakukan transparansi keuangan, dan persiapan Timnas Indonesia dalam laga-laga internasional.

Permasalahan sebanyak itu tidak bisa diselesaikan oleh Ketua Umum PSSI secara sambilan.

Kedua, ada regulasi yang melarang Kepala Daerah rangkap jabatan sebagai pengurus PSSI. Larangan ini diatur dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 800/148/sj 2012 tanggal 17 Januari 2012 tentang Larangan Perangkapan Jabatan Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah pada Kepengurusan KONI, PSSI, Klub Sepakbola Profesional dan Amatir, serta Jabatan Publik dan Jabatan Struktural.

Ketiga, merangkap jabatan rawan terjadinya ‘conflict of interest‘. Kami tidak ingin PSSI hanya dijadikan kendaraan tanpa ada kemauan untuk menjalankannya apalagi hanya dijadikan bemper untuk kepentingan selama menjabat sebagai gubernur Sumut. Semua tentu tak mengharapkan ada pimpinan yang menganak emaskan satu klub saja.

Kami meminta semua orang yang mencintai Sepak Bola Indonesiauntuk mendukung dan memperkuat petisi ini.”

Anda ingin ikut tanda tangan petisi?  Buka change.or.id. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.